Tahun 2021, Kominfo Kepri Akan Realisasikan Pembangunan 35 Tower

- Senin, 15 Maret 2021 | 10:15 WIB
 Potret Pulau terluar Kabupaten Anambas, Provinsi Kepulauan Riau. (Antara/Ogen)
Potret Pulau terluar Kabupaten Anambas, Provinsi Kepulauan Riau. (Antara/Ogen)

Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Provinsi Kepri dikatakan akan merealisasikan pembangunan 35 tower yang tersebar di tujuh kabupaten dan kota setempat pada tahun 2021.

"Terbanyak berada di Natuna dan Anambas yang termasuk dalam wilayah terluar, terdepan, tertinggal atau 3 T," kata Kepala Dinas Kominfo Kepri Zulhendri, Minggu (14/3), seperti dilansir Antara.

Zulhendri mengatakan bahwa pembangunan tower itu sudah selesai tahap lelang. Selanjutnya Kominfo Kepri akan membantu memverifikasi lahan yang diusulkan oleh tiap-tiap kabupaten dan kota.

Namun, ada persoalan di Midai dan Tambelan. Karena jauh dari Palapa Ring itu, maka perlu untuk dibangun tower tambahan.

Zulhendru mengatakan bahwa perlu dibangun dua tower di Tambelan dan satu di Midai. Sebenarnya di Tambelan sudah ada empat tower, tapi selama ini masih berupa jaringan 2G dengan pengiriman sinyal melalui satelit yang biasanya lebih mahal dan jaringan cenderung tidak stabil.

"Karena itu Kepri minta bantuan dana APBN untuk bangun tower dengan jaringan radio," ujarnya.

Selain itu, Zulehendri mengatakan bahwa Tambelan lebih dekat dengan base Telkomsel di Singkawang. Jarak dari Tambelan - Singkawang 150 kilometer, sementara Tambelan - Bintan 300 kilometer.

Maka dari itu, pihaknya memakai gelombang radio dari Singkawang lalu di-repeat di Pulau Kabung. Karena jarak efektifnya tidak boleh lebih dari 90 kilometer dari Pulau Kabung baru ke Tambelan.

"Nantinya akan dibangun satu tower setinggi 72 meter di perbukitan di Tambelan untuk menerima sinyal radio yang dikirim dari Singkawang. Diharapkan ke depan masyarakat di Tambelan dapat menikmati jaringan internet 4G," imbuhnya.

LEbih lanjut, upaya itu diharapkan dapat menopang E-Government untuk fasilitas pemerintahan seperti Bandara, kantor camat, kantor lurah dan instansi vertikal lainnya. Juga untuk menopang usaha masyarakat, meningkatkan pariwisata dan membantu UMKM.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X