Idul Adha Ketika Pandemi, DPRD DKI Usul Sekolah Jadi Tempat Pemotongan Kurban

- Kamis, 2 Juli 2020 | 13:33 WIB
Ilustrasi hewan qurban. (Pixabay/wiethase).
Ilustrasi hewan qurban. (Pixabay/wiethase).

Menjelang Hari Raya Idul Adha tahun ini sejumlah protokol kesehatan sedang dipersiapkan. Hal itu dilakukan karena saat ini virus corona (Covid-19) masih mewabah di Indonesia. 

Mencermati itu, Ketua Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta, Abdul Aziz, mengaku sudah berkoordinasi dengan Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (DKPKP) DKI Jakarta dan rumah pemotong hewan Dharma Jaya. Seperti apa mekanisme kegiatan ke depan.

"Saya tanya kepada Dharma Jaya, kamu mampu nggak menampung pemotongan sapi seluruh Jakarta? Nah itu direkturnya saja nyerah," kata Aziz di Jakarta, Kamis (2/7/2020). 

Aziz menegaskan, hingga hari ini belum ada keputusan terkait teknis pelaksanaan pemotongan karena masih dalam pembahasan. Disamping itu, jika peraturan pusat yang meminta pemotongan kurban harus dilakukan di rumah potong hewan (RPH) secara kapasitas DKI Jakarta belum siap. 

Dia menambahkan, dalam kondisi pandemi seperti sekarang masyarakat tidak diperbolehkan untuk berkerumun. Karena itu, sebagai solusi dirinya meminta agar Pemerintah Daerah dapat mengizinkan Sekolah dipakai untuk Pemotongan Hewan Kurban.

"Sehingga mereka bisa dikontrol, mereka melakukan proses pemotongan lalu panitia ke rumah masing-masing, di balik peraturannya, diberikan tempat, yang potensi penumpukan orang sedikit," tandas Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini.
 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X