Gempa di Jepara Getarannya Terasa Hingga ke Yogyakarta

- Selasa, 7 Juli 2020 | 09:32 WIB
Ilustrasi gempa bumi. (INDOZONE)
Ilustrasi gempa bumi. (INDOZONE)

Gempa bumi dengan magnitudo 6,1 yang terjadi pada Selasa pagi  sekitar pukul 05.54.44 WIB (7/6/2020) terjadi di 53 km barat laut Jepara, Provinsi Jawa Tengah. Getarannya terasa di beberapa bagian wilayah Yogyakarta.

Getaran akibat gempa di Jepara terasa di daerah Mlati, Kabupaten Sleman; Sedayu, Kabupaten Bantul dan beberapa bagian Kulon Progo.

"Gempa tersebut menghasilkan spektrum gelombang seismik yang luas dirasakan hingga DIY dikarenakan memiliki energi yang cukup besar,"  ujar Supervisor Pusat Gempa Regional VII Stasiun Geofisika Yogyakarta, Nugroho Budi W.

Nugroho Budi juga menjelaskan bahwa energi gempa yang besar mampu menjangkau wilayah yang jauh karena mengalami proses pemantulan dan pembiasan gelombang.  Selain faktor sumber gempa, menurutnya, kondisi geologi lokal juga menjadi faktor penyebab gempa itu dapat dirasakan atau tidak.

"Wilayah dengan kondisi geologi yang didominasi lapisan endapan atau sedimen akan memiliki peluang merasakan getaran gempa dikarenakan gelombang gempa yang melalui kondisi geologi tersebut akan mengalami pembesaran gelombang gempa atau amplifikasi," ujarnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Rekomendasi

Terkini

Motor Kepeleset, Dua Jambret Ditangkap di Monas

Senin, 18 Maret 2024 | 14:10 WIB

Fotokopi KTP Tidak Berlaku Lagi, Ini Penggantinya

Sabtu, 16 Maret 2024 | 18:05 WIB
X