The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Gempa di Jepara Getarannya Terasa Hingga ke Yogyakarta
Ilustrasi gempa bumi. (INDOZONE)
News

Gempa di Jepara Getarannya Terasa Hingga ke Yogyakarta

Selasa, 07 Juli 2020 09:32 WIB 07 Juli 2020, 09:32 WIB

INDOZONE.ID - Gempa bumi dengan magnitudo 6,1 yang terjadi pada Selasa pagi  sekitar pukul 05.54.44 WIB (7/6/2020) terjadi di 53 km barat laut Jepara, Provinsi Jawa Tengah. Getarannya terasa di beberapa bagian wilayah Yogyakarta.

Getaran akibat gempa di Jepara terasa di daerah Mlati, Kabupaten Sleman; Sedayu, Kabupaten Bantul dan beberapa bagian Kulon Progo.

"Gempa tersebut menghasilkan spektrum gelombang seismik yang luas dirasakan hingga DIY dikarenakan memiliki energi yang cukup besar,"  ujar Supervisor Pusat Gempa Regional VII Stasiun Geofisika Yogyakarta, Nugroho Budi W.

Nugroho Budi juga menjelaskan bahwa energi gempa yang besar mampu menjangkau wilayah yang jauh karena mengalami proses pemantulan dan pembiasan gelombang.  Selain faktor sumber gempa, menurutnya, kondisi geologi lokal juga menjadi faktor penyebab gempa itu dapat dirasakan atau tidak.

"Wilayah dengan kondisi geologi yang didominasi lapisan endapan atau sedimen akan memiliki peluang merasakan getaran gempa dikarenakan gelombang gempa yang melalui kondisi geologi tersebut akan mengalami pembesaran gelombang gempa atau amplifikasi," ujarnya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Zega
Dina
Zega

Zega

Editor
Dina

Dina

Writer
JOIN US
JOIN US