Momen Kapal Penarik Ramai Bunyikan Klakson, Girang Ever Given Tak Lagi Sumbat Terusan Suez

- Rabu, 31 Maret 2021 | 15:30 WIB
Warga mengibarkan bendera Mesir menyambut bebasnya kapal Ever Given (Suez Canal Authority/Handout via REUTERS)
Warga mengibarkan bendera Mesir menyambut bebasnya kapal Ever Given (Suez Canal Authority/Handout via REUTERS)

Setelah terjebak berhari-hari dan menyebabkan macet di Terusan Suez, kapal kontainer raksasa Ever Given akhirnya berhasil dibebaskan, Senin (29/3/2021).

Upaya pembebasan kapal itu melibatkan kombinasi pengerukan sebagian tepi kanal dan sekelompok kapal tunda yang kuat untuk menarik kapal.

Dilansir dari  Bloomberg pada Senin (29/3) dengan keberhasilan itu, antrian panjang kapal yang sebelumnya tidak bisa melewati Terusan Suez, akhirnya siap kembali berlayar melewati rute tersebut.

Awak kapal penarik pun ramai membunyikan klakson kapal sebagai tanda bahagia berhasil membebaskan kapal Ever Given yang tersangkut di Terusan Suez hampir satu minggu.

Keberhasilan ini juga disambut gembira oleh Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sisi

"Hari ini, orang Mesir telah berhasil mengakhiri krisis kapal yang terdampar di Terusan Suez, terlepas dari kompleksitas proses yang sangat besar," kata al-Sissi.

Kegembiraan al-Sissi dapat dimaklumi karena macetnya Terusan Suez membuat Mesir rugi ratusan miliar Rupiah. Setidaknya 369 kapal dengan berbagai muatan tidak bisa lewat karena terhalang kapar Ever Given.

Meski kapal tersebut telah terapung lagi, belum jelas bagaimana pihak berwenang Terusan Suez berencana untuk melanjutkan lalu lintas karena ada sekitar 450 kapal yang menunggu untuk dilalui. Terusan Suez sendiri diketahui menyumbang 12% dari perdagangan global.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

X