The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Soroti UU ITE, Kapolri: Kita Laksanakan Penegakkan Hukum Secara Selektif
Kapolri Jenderal Polri Listyo Sigit Prabowo (tengah). (Foto: ANTARA/Muhammad Adimaja)
News

Soroti UU ITE, Kapolri: Kita Laksanakan Penegakkan Hukum Secara Selektif

Mengedepankan edukasi.

Senin, 15 Februari 2021 19:26 WIB 15 Februari 2021, 19:26 WIB

INDOZONE.ID - Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo menyoroti Undang-undang ITE yang kerap dijadikan acuan masyarakat untuk membuat laporan polisi. Ke depan, Listyo menyebut pihaknya akan selektif menyelidiki kasus-kasus berkaitan dengan UU ITE.

"Masalah undang-undang ITE juga menjadi catatan untuk ke depan betul-betul kita bisa laksanakan penegakan hukum secara selektif dengan mengedepankan edukasi, mengedepankan sifat persuasi dan kemudian kita upayakan untuk langkah-langkah yang bersifat restorative justice," kata Jenderal Listyo Sigit kepada wartawan di Mabes Polri, Jakarta, Senin (15/2/2021)

Listyo menyebut pihaknya ingin mengawal proses penengakkan hukum dengan memperhatikan HAM. Untuk itu mengenai kasus ITE pihaknya akan lebih selektif mengusut kasus tersebut.

BACA JUGA: Panglima Jelaskan Rapim TNI-Polri Digelar untuk Menyatukan Sikap dan Tindakan

Lebih jauh mantan Kabareskrim Polri itu menyebut selektif dalam pemilihan kasus ITE bertujuan agar masyarakat tidak menggunakan pasal ITE untuk saling melapor.

"Ini dalam rangka menjaga agar penggunaan pasal-pasal yang dianggap pasal karet di dalam UU ITE yang ini tentunya berpotensi untuk kemudian digunakan untuk melaporkan atau saling melapor atau lebih dikenal dengan istilah mengkriminalisasikan dengan UU ITE ini bisa ditekan dan dikendalikan ke depan," pungkas Listyo.

Artikel Menarik Lainnya:
TAG
Edi Hidayat
Samsudhuha Wildansyah
JOIN US
JOIN US