The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Intelijen AS Sebut Pangeran Salman Terlibat Pembunuhan Jurnalis Jamal Khashoggi
Pangeran Muhammad bin Salman diduga ikut terlibat pembunuhan Jamal Khashoggi. (photo/REUTERS/Sergio Moraes/Osman Orsal)
News

Intelijen AS Sebut Pangeran Salman Terlibat Pembunuhan Jurnalis Jamal Khashoggi

Sabtu, 27 Februari 2021 11:36 WIB 27 Februari 2021, 11:36 WIB

INDOZONE.ID - Intelijen Amerika Serikat (AS) melaporkan jika pangeran Mohammed bin Salman terlibat operasi penangkapan dan pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi pada 2018 silam.

Pembunuhan Khashoggi terjadi setelah ia memberikan kritik atas kebijakan Putra Mahkota Mohammed bin Salman. Untuk diketahui, Jamal Khashoggi merupakan kontributor The Washington Post dan menetap di AS.

Ia dibunuh oleh  agen intelijen di kantor konsulat Arab Saudi di Istanbul, Turki, pada 2 Oktober 2018. Saat itu, jasadnya dimutilasi oleh agen intelijen dan hingga kini belum ditemukan. 

Dalam laporan terbaru intelijen AS, operasi penangkapan dan pembunuhan Khashoggi berdasarkan persetujuan Mohammed bin Salman.

"Kami menilai bahwa Putra Mahkota Arab Saudi Muhammad bin Salman menyetujui operasi di Istanbul, Turki untuk menangkap atau membunuh jurnalis Saudi Jamal Khashoggi," kata Kantor Direktur Intelijen Nasional AS dalam laporan empat halaman itu.

Badan intelijen mendasarkan penilaiannya pada kendali putra mahkota atas pengambilan keputusan, keterlibatan langsung salah satu penasihat utamanya, dan detail perlindungannya sendiri, serta "dukungannya untuk menggunakan tindakan kekerasan untuk membungkam para pembangkang di luar negeri, termasuk Khashoggi".

"Sejak 2017, Putra Mahkota memiliki kendali mutlak atas organisasi keamanan dan intelijen Kerajaan, sehingga sangat tidak mungkin pejabat Saudi akan melakukan operasi seperti ini tanpa izin (dia)," kata intelijen AS.

Terkait laporan intelijen AS tersebut, pemerintah Arab Saudi memberikan respons. Mereka membantah keterlibatan Pangeran Mohammed bin Salman atas pembunuhan Khashoggi dan menyebut pembunuhan Khashoggi adalah kejahatan keji oleh kelompok nakal.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Victor Median

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US