The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Mengejutkan! Susi Pudjiastuti Pernah Bawa Koper Menghadap Megawati Sebelum Jadi Menteri
Susi Pudjiastuti dan Megawati Soekarno Putri. (Instagram)
News

Mengejutkan! Susi Pudjiastuti Pernah Bawa Koper Menghadap Megawati Sebelum Jadi Menteri

Selasa, 23 Februari 2021 18:26 WIB 23 Februari 2021, 18:26 WIB

INDOZONE.ID - Mantan Menteri Perikanan dan Kelautan Susi Pudjiastuti dikenal sebagai pengusaha yang cukup sukses. Bahkan, kesuksesannya sebagai pengusaha, sudah jauh lebih awal datang sebelum ia ditunjuk sebagai menteri di periode pertama masa pemerintahan Presiden Jokowi.

Susi punya maskapai penerbangan Susi Air, yang saat ini memiliki jumlah pesawat sebanyak 52 unit. Hal itu menjadikan dirinya sebagai satu-satunya orang Indonesia yang secara pribadi memiliki begitu banyak pesawat terbang.

"Susi Air adalah label penerbangan miliknya 100 persen, yang beroperasi di Sumatera, Jawa, Kalimantan dan Papua. Dan semua bisnisnya itu dikelola dari Kota Pangandaran. Pangandaran dijadikan Susi sebagai pusat perbaikan dan perawatan pesawat Susi Air. Bahkan di kota itu juga Susi membuat simulator bagi para pilot yang ingin menerbangkan pesawat tertentu," tulis wartawan senior Neta S Pane, yang baru-baru bertandang ke kediaman Susi di Pangandara, melalui akun Instagram-nya, Selasa (23/2/2021).

Namun siapa sangka, saat hendak merintis Susi Air, Susi ternyata pernah meminjam uang kepada Megawati Soekarnoputri, Ketua Umum PDI-P. Hal itu dilakukan Susi setelah ia memiliki tiga pesawat yang dibelinya dengan uang sendiri, hasil berjualan ikan.

Ditulis Neta, Susi melihat bahwa bisnis penerbangan kecil punya prospek yang sangat cerah. Banyak kota-kota kecil dan pulau terpencil yang prospek ekonominya berkembang memerlukan penerbangan. Sehingga Susi pun berniat menambah jumlah pesawat terbangnya untuk membangun Susi Air.

Di tahap awal dia berencana membeli empat pesawat. Namun dia tidak punya dana yang cukup. Akhirnya Susi mendatangi Megawati Soekarnoputri dan meminjam uang ke Putri Bung Karno itu. Uang pinjaman tersebut dijadikan DP untuk pembelian empat pesawat terbang. Sejak itu Susi Air berkembang mengisi rute di Papua, Kalimantan, Bali, Jawa dan Sumatera. 

Penghasilan terbesar Susi Air adalah pesawat carteran. Susi Air juga memiliki pesawat medis atau ambulans terbang. Selain bisa dicarter, ambulans terbang ini aktif melakukan bakti sosial di berbagai daerah pedalaman.

Saat Susi datang ke rumah Megawati untuk mengembalikan uang yang dipinjamnya, Putri Bung Karno itu malah bertanya, "Uang opo?". 

"Aku...tak kembali ke utangku...Bu," ujar Susi.

"Utang opo....aku dah lupa....bawa ke," kata Mega menolak pengembalian tersebut. 

Namun menjelang pamit pulang, diam-diam Susi meletakkan koper berisi uang yang dibawanya di atas meja kerja Megawati.

Bagi Susi, Mega sudah seperti ibunya sendiri. Mega sering kali membelikan Susi perhiasan agar dipakainya, terutama saat pulang dari luar negeri. Sebab itu, saat ditawari menjadi menteri di Kabinet Jokowi, Susi tidak langsung menjawab. Dia minta waktu untuk ketemu Mega agar bisa minta izin dan minta restu dari Putri Bung Karno itu. Begitu Mega ok, Susi pun ok.

Begitu juga, setelah tiga tahun di Kabinet, Susi berniat mengundurkan diri karena mau konsentrasi pada bisnisnya di Pangandaran, Mega menolaknya dan meminta Susi agar mendampingi Jokowi hingga selesai periode pertama agar Jokowi bisa menang di periode kedua.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Abul Muamar
Abul Muamar

Abul Muamar

Editor
TERKAIT DENGAN INI
JOIN US
JOIN US