The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Antisipasi Dampak Lanjutan, ICU Mini Disiapkan Dinkes Jaksel saat Vaksinasi Lansia
Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memulai vaksinasi tenaga kesehatan di atas 60 tahun setelah Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) mengeluarkan izin penggunaan vaksin tersebut untuk lansia. (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra).
News

Antisipasi Dampak Lanjutan, ICU Mini Disiapkan Dinkes Jaksel saat Vaksinasi Lansia

Dapat ditangani dengan cepat.

Senin, 01 Maret 2021 14:53 WIB 01 Maret 2021, 14:53 WIB

INDOZONE.ID - Sebagai antisipasi jika terjadi dampak lanjutan setelah imunisasi Covid-19, Dinas Kesehatan Jakarta Selatan menyiapkan ruang unit perawatan intensif (Intensif Care Unit/ICU) mini di setiap titik lokasi vaksinasi bagi warga lanjut usia (lansia).

"Karena yang divaksin lansia maka harus ada ICU mini, jika terjadi sesuatu, maka ditangani sementara di tempat itu," kata Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Selatan, M. Helmi saat ditemui ketika memantau vaksinasi lansia di SMP Negeri 141 Jakarta, melansir Antara, Senin (1/3/2021).

Dia menjelaskan di setiap lokasi vaksinasi khususnya di luar fasilitas layanan kesehatan, ICU mini itu dilayani tiga orang petugas medis terdiri dari satu orang dokter dan dua perawat.

Kemudian, didukung seorang pengemudi ambulans yang bersiaga di lokasi vaksinasi warga lansia.

ICU mini juga dilengkapi peralatan medis di antaranya pertolongan kegawatdaruratan yakni jalan nafas (airway), bantuan nafas (breathing) dan (bantuan sirkulasi) circulation (ABC) bagi pasien dalam keadaan tidak sadar.

Selain itu, lanjut dia, penanganan terkait syok anafilaktik apabila terjadi reaksi alergi setelah vaksinasi. Apabila setelah ditangani dalam ICU mini dan masih memerlukan penanganan lanjutan, maka pasien itu akan dibawa ke rumah sakit rujukan.

Di wilayah Jakarta Selatan, sudah disiapkan sekitar lima RS rujukan yakni RS Fatmawati, RS Pertamina, RSUD Mampang Prapatan, RSUD Jagakarsa dan RSUD Tebet.

"Tapi karena jumlahnya banyak dan kemungkinan titiknya berubah, kami juga akan kerja sama dengan rumah sakit swasta," imbuh Helmi.

Sementara itu, ditargetkan 189 ribu warga lansia di Jakarta Selatan mendapatkan vaksinasi Covid-19 dalam satu bulan ini.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
JOIN US
JOIN US