Bendera PDIP Dibakar di Jakarta, Massa Teriak 'Bakar PKI, Turunkan Jokowi'

- Kamis, 25 Juni 2020 | 13:16 WIB
Bendera PDIP dibakar massa saat demo menolak RUU HIP di depan Gedung DPR RI, Jakarta Rabu (24/6/2020). (Foto: Istimewa)
Bendera PDIP dibakar massa saat demo menolak RUU HIP di depan Gedung DPR RI, Jakarta Rabu (24/6/2020). (Foto: Istimewa)

Sebuah video demonstrasi penolakan RUU Haluan Ideologi Pancasila (HIP) yang berlangsung hari Rabu (24/6/2020) di Gedung DPR RI di Jakarta, viral di media sosial. Pasalnya, dalam video itu massa membakar bendera Partai Demokrasi Pancasila Indonesia (PDIP), partai pengusung Presiden Jokowi.

Video tersebut salah satunya dibagikan oleh akun Twitter @savemoslem1. Massa tampak bersemangat menyerukan agar PKI, partai politik yang sudah lama lenyap dari Indonesia, agar dimusnahkan.

"Bakar, bakar, bakar PKI, bakar PKI sekarang juga," teriak mereka.

Massa juga mendesak Presiden Jokowi untuk menghentikan RUU HIP yang mereka anggap akan mengubah Pancasila (lima sila) menjadi Trisila (tiga sila) ataupun ekasila (satu sila). Mereka pikir dengan demikian negara membiarkan ideologi komunis masuk lagi ke Indonesia.

"Kalau RUU HIP tidak dihentikan, maka tidak ada kata lain, turunkan Jokowi. Turun, turun, turun Jokowi, turun Jokowi sekarang juga," teriak mereka lagi.

Tuntutan yang sama juga disampaikan oleh sekelompok pria berjubah khas Arab dan videonya juga viral.

Dalam video itu, seorang pria mengenakan gamis putih yang diduga koordinator aksi menggunakan mikrofon membacakan tuntutan kata per kata, lalu diikuti oleh rekan-rekannya.

Mereka menuntut Jokowi mundur apabila RUU Haluan Ideologi Pancasila dalam Prolegnas diteruskan menjadi UU.

"Mendorong DPR RI agar menggelar sidang istimewa untuk memberhentikan Jokowi, apabila memberi peluang atau akan mengubah Pancasila menjadi Trisila dan Ekasila serta membangun kerjasama dengan partai komunis kita," teriak para pengunjukrasa.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Denny Siregar (@dennysirregar) on

PDIP Tempuh Jalur Hukum

Sementara itu, Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto, yang mengaku telah menyaksikan video tersebut, mengatakan PDIP akan menempuh jalur hukum atas pembakaran bendera partainya.

"Kami tegaskan bahwa kami akan menempuh jalan hukum karena mereka telah membakar bendera PDIP," katanya.

Terkait tudingan demonstran yang seolah menyamakan PDIP dengan PKI sehingga berpotensi memecahbelah pendukung PDIP di kalangan akar rumput, Hasto yakin bahwa itu tidak akan terjadi.

Halaman:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X