Dilantik Jadi Kapolri Hari Ini, Listyo Sigit Prabowo Trending Topic di Twitter

- Rabu, 27 Januari 2021 | 12:17 WIB
Listyo Sigit. (Youtube/Sekretariat Presiden)
Listyo Sigit. (Youtube/Sekretariat Presiden)

Listyo Sigit Prabowo dilantik jadi Kapolri hari ini, Rabu (27/1/2021). Pelantikan dilaksanakan di Istana Negara, Rabu (27/1/2021), tak lama setelah Presiden Jokowi menjalani vaksinasi COVID-19 dosis kedua. Nama Listyo Sigit pun menjadi trending topic di Twitter setelah resmi menjadi Kapolri baru.

Listyo Sigit banjir doa dan dukungan dari netizen. Jenderal bintang tiga tersebut diharapkan bisa mengemban amanah dengan baik, menegakkan hukum, melindungi dan mengayomi warga negara Indonesia tanpa pilih kasih.

Listyo Sigit juga diharapkan bisa menjadikan Polri sebagai institusi yang prediktif, responsibilitas, dan transparansi berkeadilan.

"Pak Listyo dibilang masih muda, tapi menurut saya walaupun Muda tapi jika dia berbakat dan berprestasi kenapa tidak. Selamat pak Sigit atas pelantikan menjadi Kapolri," kata @narendr09727473.

"Siap mendukung transformasi menuju Polri yang Presisi. Selamat dan sukses jenderal semoga Polri semakin mantap #KapolriSiapBertugas," kata @rafatrackker.

"Pak Drs. Listyo Sigit Prabowo M,Si akhirnya resmi juga jadi Kapolri, semoga LIGA di izinkan ya pakkPartying face sudah kangen tribun #KapolriSiapBertugas," kata @any_oktavian.

-
Listyo Sigit Prabowo trending topic di Twitter. (Twitter)

Rencananya setelah resmi jadi Kapolri, Listyo Sigit akan menghidupkan kembali Pasukan Pengamanan Masyarakat Swakarsa (PAM) Swakarsa yang pernah ada di zaman Orde Baru.

Sigit beralasan, keberadaan PAM Swakarsa penting untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibnas).

Gagasan untuk menghidupkan kembali PAM Swakarsa ini sebetulnya sudah muncul sejak masa Idham Azhis, saat menerbitkan Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pasukan Pengamanan Masyarakat (PAM) Swakarsa.

Dalam peraturan tersebut, tertera aturan mengenai mekanisme perekrutan satuan pengamanan (satpam), pendidikan kilat, hingga keterlibatan satpam dalam Badan Usaha Jasa Pengamanan (BUJP).

Bedanya, dalam aturan tersebut dijelaskan bahwa seragam satpam akan diubah dari biru menjadi cokelat dan satpam juga disertai pangkat seperti halnya anggota Polri.

Di zaman Orde Baru, PAM Swakarsa merupakan organ paramiliter yang sengaja dibentuk untuk membungkam sikap kritis masyarakat.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X