Anies Minta Prediksi Banjir Diumumkan Sehari Sebelum Kejadian

- Kamis, 24 September 2020 | 12:30 WIB
Gubernur Anies Baswedan. (INDOZONE/Wilfridus Kolo)
Gubernur Anies Baswedan. (INDOZONE/Wilfridus Kolo)

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta kepada seluruh jajarannya untuk langsung bergerak cepat dalam mengatasi banjir yang kerap terjadi saat musim hujan tiba.

Perintah orang nomor satu di Jakarta itu pun tertuang dalam Instruksi Gubernur (Ingub) nomor 52/2020 tentang Percepatan Peningkatan Sistem Pengendalian Banjir di Era Perubahan Iklim.

Dalam aturan itu, ia meminta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) berkoordinasi dengan Dinas Sumber Daya Air (SDA) dan Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfo) untuk membuat sistem deteksi dan peringatan dini banjir.

"BPBD dibantu oleh Dinas SDA dan Diskominfotik menyusun sistem deteksi dan peringatan dini kejadian banjir yang dapat dimonitor secara daring," tulis Anies dalam surat itu yang dikutip Indozone, Rabu (23/9/2020).

Tak hanya itu, bahkan mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini pun meminta sistem deteksi ini bisa memprediksi banjir satu hari sebelum bencana itu datang.

"Serta dapat memprediksi dan mengumumkan potensi kejadian banjir selambat-lambatnya satu hari sebelum kejadian," ungkapnya.

Anies menginginkan agar jajaran Pemprov DKI bisa langsung bergerak cepat melakukan langkah antisipasi sebelum banjir menerjang ibu kota. Maka, ia menargetkan sistem itu rampung sebelum memasuki bulan Oktober mendatang.

"Target selesai pada bulan September 2020," pungkas Anies dalam Ingub tersebut.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X