Transformasi Ekonomi, Jokowi Minta Pembangunan Berbasis Potensi di Desa

- Kamis, 24 September 2020 | 16:50 WIB
Presiden Jokowi. (Instagram/@jokowi)
Presiden Jokowi. (Instagram/@jokowi)

Presiden Joko Widodo mengatakan masa pandemi Covid-19 ini menjadi kesempatan bagi Indonesia agar menginstal ulang dan melakukan reform kebijakan dalam rangka strategi besar dalam transformasi ekonomi desa.

Hal ini, menurut Jokowi perlu dilakukan tidak hanya dengan menggunakan sistem top down tetapi bottom up agar masyarakat desa dapat memaksimalkan potensi yang ada di setiap desa di berbagai wilayah Tanah Air.

"Kita harus memperkuat daya ungkit setiap desa, dimana perlu mengembangkan potensi desanya, potensi lokalnya baik yang berkaitan dengan pertanian, wisata maupun industri yang ada di desa," kata Presiden di Jakarta, Kamis (24/8/2020).

"Jangan semua dilakukan top down tapi berikan kesempatan ruang kreasi warga desa untuk mengembangkan potensi lokalnya," tuturnya.

Untuk itu, kebijakan kementerian harus dilakukan secara terintegrasi agar hasil yang diperoleh dapat lebih maksimal.

"Jadi saya minta semua kementrian jangan membuat program sendiri-sendiri, yang lepas-lepas tidak terintegrasi sehingga hasilnya tidak terlihat. Ini yang harus terintegrasi betul," ujarnya.

Sebagai langkah sinergitas dalam percepatan peningkatan ekonomi desa, ia meminta Kementerian desa memastikan dana desa digunakan dengan produktif, Kementerian PUPR penyediaan infrastruktur dasar, Kementerian Perhubungan mengurus konektivitasnya, Kementerian Sosial melakukan penanganan warga yang tidak mampu dan kementerian Koperasi dan UKM mengatur sektor usaha kecil dan mikro.

"Saya kira bisa ada banyak yang bisa dilakukan, tapi kalau lepas-lepas saya kira hasilnya akan tidak kelihatan.Oleh sebab itu, semua harus dijalankan dengan strategi yang solid dan terintegrasi," tukasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X