BMKG Sosialisasi Informasi Gempa dan Tsunami di Pesisir Pantai Timur

- Sabtu, 5 September 2020 | 11:44 WIB
Penyerahan buku
Penyerahan buku

BMKG Deliserdang melakukan kunjungan ke Kabupaten Labuhanbatu dan Asahan dalam upaya sosialisasi terkait informasi gempa bumi dan tsunami di kedua daerah pesisir Pantai Timur Sumatera Utara tersebaut.

Kepala Stasiun Geofisika BMKG Deli Serdang, Teguh Rahayu, mengatakan, kunjungan itu dilakukan untuk sosialiasi tentang Warning Receiver System New Generion (WRS New Gen).

Selain itu, pihaknya juga mengatasi troubleshooting WRS New Gen untuk masalah umum yang terjadi di dua fasilitas informasi gempa dan tsunami yang sudah terpasang di Labuhanbatu dan Asahan.

Kawasan pesisir Pantai Timur Sumatera Utara merupakan wilayah yang berdampak gempa bumi akibat aktivitas sesar Sumatera dan Patahan Renun. Kawasan Labuhanbatu dan Asahan merupakan daerah yang berdampak dari gempa bumi Tapanuli Utara pada 19 Januari 2019.

Meski tidak menimbulkan kerusakan bangunan dari gempa bumi berkekuatan Magnitudo 5.0 itu, dari keterangan warga, gempa tersebut sangat terasa di Labuhanbatu, getarannya seperti terayun dan menimbulkan sedikit rasa pusing.

Dalam kunjungan tersebut, Tim BMKG Deliserdang juga memaparkan beberapa kajian kegempaan di Sumatra Utara dan dampak potensi kegempaan di pesisir pantai timur Sumatra Utara.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X