The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Pendemo Injak-injak Foto Jenderal Min Aung Hlaing, Sosok di Balik Kudeta Myanmar
Warga injak foto pemimpin kudeta militer Myanmar. (Tangkapan layar)
News

Pendemo Injak-injak Foto Jenderal Min Aung Hlaing, Sosok di Balik Kudeta Myanmar

Rabu, 03 Februari 2021 11:27 WIB 03 Februari 2021, 11:27 WIB

INDOZONE.ID - Jenderal Min Aung Hlaing merupakan sosok di balik kudeta militer Myanmar. Min Aung Hlaing kini tengah menjadi sorotan usai pemimpin de-facto Aung San Suu Kyi, Presiden Win Myint dan petinggi partai Liga Nasional untuk Demokrasi (NLD) ditahan pada Senin (1/2/2021).

Kudeta Myanmar berujung demo di Thailand. Sejumlah warga Myanmar mendatangi Kedutaan Besar Myanmar di Bangkok. Mereka membawa foto Min Aung Hlaing yang dicoret dengan tulisan "Memalukan, Diktator. Kami tidaka akan memaafkanmu."

Sejumlah pendemo terlihat menginjak-injak foto tersebut untuk menunjukkan kekesalan dan kekecewaan mereka kepada sang pemimpin kudeta Min Aung Hlaing.

Para pendemo juga membawa foto Aung San Suu Kyi, pemimpin de facto yang ditahan militer Myanmar. Beberapa di antara mereka juga terlihat mengenakan atribut Partai National League for Democracy (NLD) yang diusung oleh Aung Suu Kyi.

warga myanmar injak foto pemimpin kudeta militer
Warga berdemo di Kedutaan Besar Myanmar di Bangkok. (REUTERS/Athit Perawongmetha)

Melansir AFP, Selasa (2/2/2021) pasukan militer berpatroli di ibu kota Myanmar, Naypyidaw, tempat Aung San Suu Kyi dan sejumlah pemimpin partai NLD lainnya ditangkap dalam penggerebekan pada Senin (1/2/2021) dini hari waktu setempat.

Selain itu, personel tentara juga ditempatkan di luar gedung anggota parlemen di Naypyidaw pada hari Selasa (2/2). Seorang anggota parlemen NLD menggambarkan  kondisi itu seperti pusat penahanan terbuka.

"Kami tidak diizinkan keluar," katanya kepada AFP melalui telepon, meminta namanya tidak disebutkan karena takut akan militer. "Kami sangat khawatir," imbuhnya.

Anggota parlemen itu mengungkapkan bahwa Aung San Suu Kyi dan Presiden Win Myint saat ini masih dalam tahanan rumah. Namun tak diketahui jelas lokasi tempat mereka ditahan.

Terlepas dari intimidasi tersebut, NLD menyerukan pembebasan Aung San Suu Kyi dan semua anggota partai yang ditahan.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Dina
Dina

Dina

Editor
JOIN US
JOIN US