Sekjen Kemensos Diusir saat Rapat dengan Komisi VIII DPR, Kenapa?

- Rabu, 19 Januari 2022 | 13:15 WIB
Suasana sidang DPR RI. (INDOZONE/Harits Tryan Akhmad)
Suasana sidang DPR RI. (INDOZONE/Harits Tryan Akhmad)

Komisi VIII DPR RI menggelar rapat kerja dengan Kementerian Sosial (Kemensos) RI. Dalam rapat ini Sekjen Kemensos Hary Hikmat diusir oleh Anggota Dewan lantaran dianggap melakukan komunikasi yang tidak pantas kepada Wakil Ketua Komisi VIII Ace Hasan Syadzily.

Rapat kerja ini langsung dihadiri oleh Menteri Sosial Tri Rismahrini. Sejatinya akan membahas beberapa persoalan mulai dari evaluasi APBN 2021, pelaksanaan APBN tahun 2022 dan membahas isu-isu aktual.

Namun sebelum memulai rapat  Anggota Komisi VIII DPR Fraksi Partai Golkar Muhammad Ali Ridha menyinggung komunikasi yang dilakukan oleh Sekjen Kemensos. Ia menyatakan sebenarnya selama ini komunikasi yang dilakukan Mensos Risma sudah baik, namun tidak diikuti oleh Sekjen Kemensos.

“Jadi apa yang diceritakan oleh saya bahwa ada komunikasi buruk yang dilakukan oleh sodara Sekjen kepada pimpinan kami Ace Hasan  dan menurut saya itu offside. Maka saya usulkan kalo rapat ini akan dilanjutkan saya minta sodara Sekjen untuk meninggalkan ruangan ini,“ kata Ali di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (19/1/2022).

Sejumlah Anggota Komisi VIII DPR lainnya pun memberikan pandangannya. Di mana mereka juga keberatan Sekjen Kemensos mengikuti rapat dan diharapkan untuk keluar ruangan.

Setelah mendengar hal tersebut Ace akhirnya membuka suara. Menurut Ace dirinya enggan mempersoalkan adanya kesalahpahaman komunikasi antara pihak DPR dengan Kemensos.

Di mana awal mulanya ketika Risma mengunjungi daerah Jawa Barat yang merupakan dapil dari Ace. Kemudian Komisi VIII tidak mengetahui kunjungan tersebut.

“Saya terus terang saja ketika Ibu ke dapil saya, lalu tidak memberitahu kami, padahal kesempatan kita bersama setiap kali ke dapil kita setidaknya diberitahu dan itu yang ngatur adalah Sekjen,” ujar Ace.

“Sekjen memang waktu itu telah minta maaf, tapi setelah itu nyerocos bu, bilang apa yang kami lakukan itu sinis, bahwa saya diundang oleh Kemensos ndak pernah datang. Apa urusannya bicara seperti itu,” tambah Ace.

Setelah itu, Ketua Komisi VIII DPR RI Yandri Susanto pun menginterupsi. Agar rapat kerja berjalan dengan lancar maka sebaiknya Sekjen Kemensos Hary Hikmat untuk meninggalkan ruangan.

“Saya kira gak perlu diperpanjang lagi, dan bu menteri gausah memperpanjang lagi supaya enak semua. Tapi pak Sekjen sebaiknya meninggalkan tempat dulu bu kalau enggak gak mungkin ini berlanjut bu. Memang benar Pak Ace, ini bukan pribadi ini semua fraksi,” tutur Yandri.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X