Majukan Ekonomi Lokal, Wapres Minta UMKM Utamakan Produk Dalam Negeri

- Jumat, 18 Juni 2021 | 10:55 WIB
 Wakil Presiden Ma'ruf Amin. (Asdep KIP Setwapres)
Wakil Presiden Ma'ruf Amin. (Asdep KIP Setwapres)

Wakil Presiden Ma’ruf Amin meminta kepada seluruh pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di seluruh Indonesia untuk mengutamakan penjualan produk-produk buatan dalam negeri.

Hal tersebut disampaikan oleh Wapres Ma’ruf saat memberikan pidato kunci pada acara Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia “Kilau Digital Permata Flores, Sumba, Timor dan Alor (Flobamora)” Nusa Tenggara Timur Tahun 2021 secara virtual dari kediaman dinas wapres Jakarta, pada Jumat (18/06).

"Ini mengajak masyarakat Indonesia untuk menumbuhkan rasa bangga menggunakan produk anak bangsa dan turut memajukan perekonomian lokal. Konsumen diharapkan lebih memilih produk dalam negeri, khususnya UMKM," kata Wapres Ma’ruf Amin di Jakarta, Jumat (18/06), seperti dilansir Antara.

Selain itu, penggunaan produk dalam negeri dalam UMKM juga didukung oleh Pemerintah melalui Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 12 Tahun 2021 tentang Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah.

"Komitmen Pemerintah untuk mengutamakan penggunaan produk lokal UMKM yaitu dengan adanya kewajiban alokasi 40 persen bagi UMKM dalam kegiatan pengadaan barang dan jasa pemerintah," tegasnya.

Dengan Perpres itu juga Wapres berharap UMKM dapat berperan lebih luas dalam proses pengadaan barang dan jasa pemerintah.

Wapres meminta kepada Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) untuk bisa menggunakan ajang Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia untuk memajukan perekonomian daerah.

"Gerakan Nasional yang diselenggarakan Kemenkominfo ini dapat mendorong national branding produk lokal unggulan, sehingga menciptakan industri, kreasi dan inovasi baru, serta pasar yang lebih besar, sehingga mampu mendorong pertumbuhan ekonomi daerah dan nasional," ujar Wapres.

Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia Tahun 2021 diselenggarakan di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat dan bertujuan untuk membuka peluang usaha kecil yang menjangkau pasar digital di NTT.

Dalam acara yang dihadiri secara virtual oleh Wapres tersebut, Pemerintah juga menyerahkan infrastruktur jaringan base transceiver station (BTS) kepada sejumlah kabupaten di NTT.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X