The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Kartu Prakerja Gelombang 18 Segera Dibuka, Ini Syarat dan Cara Mendaftarnya
Ilustrasti Kartu Prakerja (Antara)
News

Kartu Prakerja Gelombang 18 Segera Dibuka, Ini Syarat dan Cara Mendaftarnya

Minggu, 01 Agustus 2021 09:43 WIB 01 Agustus 2021, 09:43 WIB

INDOZONE.ID - Pendaftaran program Kartu Prakerja Gelombang ke-18 akan segera dibuka pada semester dua tahun 2021. Pemerintah bahkan menambah anggaran untuk program Kartu Prakerja sebanyak Rp10 triliun.

Tujuannya untuk menambah jangkauan ke 2,8 juta peserta baru. Dengan penambahan anggaran tersebut, Kartu Prakerja kini disokong dana sebesar Rp30 triliun.

“Kami akan tambahkan Rp10 triliun lagi sehingga program Prakerja bisa menambah jumlah peserta 2,8 juta peserta, sehingga total anggaran menjadi Rp30 triliun,” kata Sri Mulyani, dikutip dari Antara, Minggu (18/7/2021).

Pemerintah berharap Kartu Prakerja bisa dimanfaatkan oleh masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19. Agar kamu tidak ketinggalan pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 18, ketahui syarat dan cara mendaftar program Kartu Prakerja.

Syarat mendaftar Kartu Prakerja Gelombang 18:

  1. Warga negara Indonesia (WNI) berusia minimal 18 tahun ke atas.
  2. Tidak sedang menempuh pendidikan formal
  3. Merupakan pencari kerja alias bukan pekerja penerima upah
  4. Merupakan korban PHK, pekerja yang dirumahkan, atau wirausaha
  5. Bukan penerima bantuan sosial lain selama pandemi Covid-19, baik berupa BLT, BPUM, atau bantuan lain.
  6. Bukan merupakan anggota TNI/Polri, ASN, anggota DPR/DPRD, BUMN/BUMD, kepala desa dan perangkat desa, serta pejabat BUMN/BUMD
  7. Dalam 1 kartu keluarga maksimal hanya dua NIK yang boleh menjadi penerima kartu Prakerja

Untuk pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 18, kamu bisa langsung mendaftar melalui laman prakerja.go.id dan membuat akun.

Kalau kamu sudah pernah membuat akun Kartu Prakerja di gelombang sebelumnya tapi tidak lolos seleksi, tak perlu membuat akun baru lagi. Kamu bisa langsung login ke laman prakerja.go.id.

Ditargetkan, 8,4 juta warga akan menjadi peserta Kartu Prakerja. Nantinya, setiap penerima mendapatkan biaya pelatihan Rp1 juta dan insentif Rp600 ribu/bulan selama 4 bulan. Total, bantuan Kartu Prakerja adalah Rp2,4 juta ditambah Rp50 ribu untuk pengisian survei.

Artikel Menarik Lainnya:

Zega
Zega

Zega

Editor
JOIN US
JOIN US