Peristiwa 21 Juni: Soekarno Meninggal Dunia hingga Kelahiran Joko Widodo

- Senin, 21 Juni 2021 | 16:41 WIB
Presiden Joko Widodo berulang tahun hari ini (Wikipedia).
Presiden Joko Widodo berulang tahun hari ini (Wikipedia).

Beberapa peristiwa bersejarah terjadi pada 21 Juni yang tepat jatuh pada hari ini. Momen-momen penting tersebut terus dikenang hingga saat ini.

Peristiwa-peristiwa penting tercatat lahir atau terjadi di tanggal 21 Juni. Di antaranya yakni hari kelahiran Presiden Indonesia saat ini, yakni meninggalnya Presiden Pertama RI, Soekarno dan hari lahir Presiden Joko Widodo.

Berikut Indozone merangkum peristiwa-peristiwa penting di tanggal 21 Juni.

Baca Juga: Peristiwa 20 Juni: Peralihan Ibukota dari Bonn dan Berlin Pasca Jerman Bersatu

1. Ulang Tahun Presiden Jokowi

-
Presiden Jokowi (Wikipedia).

Ir. H. Joko Widodo atau Jokowi lahir di Surakarta, Jawa Tengah pada 21 Juni 1961 dan genap berumur 60 tahun pada hari ini. Presiden Joko Widodo (Jokowi) adalah Presiden Indonesia yang mulai menjabat sejak 20 Oktober 2014.

Terpilih dalam Pemilu Presiden 2014, Jokowi menjadi Presiden Indonesia pertama sepanjang sejarah yang bukan berasal dari latar belakang elite politik atau militer Indonesia.

Ia terpilih bersama Wakil Presiden Muhammad Jusuf Kalla dan kembali terpilih bersama Wakil Presiden Ma'ruf Amin dalam Pemilu Presiden 2019. 

Jokowi pernah menjabat Gubernur DKI Jakarta sejak 15 Oktober 2012 hingga 16 Oktober 2014 didampingi Basuki Tjahaja Purnama sebagai wakil gubernur. Sebelumnya, ia adalah Wali Kota Surakarta (Solo), sejak 28 Juli 2005 hingga 1 Oktober 2012 didampingi F.X. Hadi Rudyatmo sebagai wakil wali kota

2. Brasil Juara Piala Dunia untuk Ketiga Kali

-
Trofi Piala Dunia (Wikipedia).

Piala Dunia FIFA 1970 merupakan edisi kesembilan dari Piala Dunia FIFA, yang diselenggarakan di Meksiko, 31 Mei hingga 21 Juni 1970. Meksiko dipilih FIFA pada bulan Oktober 1964 dalam sidang di Tokyo, Jepang. 

Edisi ini adalah edisi pertama Piala Dunia dilaksanakan di negara Amerika Utara, membuat turnamen dilaksankan di luar Amerika Selatan dan Eropa. 

Turnamen ini dimenangkan Brasil, setelah memenangkan pertandingan final atas Italia dengan skor 4–1, sehingga Brasil menjadi tim pertama yang memenangkan Piala Dunia untuk kali ketiga dan berhak memiliki Piala Jules Rimet untuk selamanya.

3.  Meninggalnya Soekarno

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X