The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Peristiwa 21 Juni: Soekarno Meninggal Dunia hingga Kelahiran Joko Widodo
Presiden Joko Widodo berulang tahun hari ini (Wikipedia).
News

Peristiwa 21 Juni: Soekarno Meninggal Dunia hingga Kelahiran Joko Widodo

Peristiwa bersejarah 21 Juni.

Senin, 21 Juni 2021 16:41 WIB 21 Juni 2021, 16:41 WIB

INDOZONE.ID - Beberapa peristiwa bersejarah terjadi pada 21 Juni yang tepat jatuh pada hari ini. Momen-momen penting tersebut terus dikenang hingga saat ini.

Peristiwa-peristiwa penting tercatat lahir atau terjadi di tanggal 21 Juni. Di antaranya yakni hari kelahiran Presiden Indonesia saat ini, yakni meninggalnya Presiden Pertama RI, Soekarno dan hari lahir Presiden Joko Widodo.

Berikut Indozone merangkum peristiwa-peristiwa penting di tanggal 21 Juni.

Baca Juga: Peristiwa 20 Juni: Peralihan Ibukota dari Bonn dan Berlin Pasca Jerman Bersatu

1. Ulang Tahun Presiden Jokowi

Presiden Jokowi (Wikipedia).
Presiden Jokowi (Wikipedia).

Ir. H. Joko Widodo atau Jokowi lahir di Surakarta, Jawa Tengah pada 21 Juni 1961 dan genap berumur 60 tahun pada hari ini. Presiden Joko Widodo (Jokowi) adalah Presiden Indonesia yang mulai menjabat sejak 20 Oktober 2014.

Terpilih dalam Pemilu Presiden 2014, Jokowi menjadi Presiden Indonesia pertama sepanjang sejarah yang bukan berasal dari latar belakang elite politik atau militer Indonesia.

Ia terpilih bersama Wakil Presiden Muhammad Jusuf Kalla dan kembali terpilih bersama Wakil Presiden Ma'ruf Amin dalam Pemilu Presiden 2019. 

Jokowi pernah menjabat Gubernur DKI Jakarta sejak 15 Oktober 2012 hingga 16 Oktober 2014 didampingi Basuki Tjahaja Purnama sebagai wakil gubernur. Sebelumnya, ia adalah Wali Kota Surakarta (Solo), sejak 28 Juli 2005 hingga 1 Oktober 2012 didampingi F.X. Hadi Rudyatmo sebagai wakil wali kota

2. Brasil Juara Piala Dunia untuk Ketiga Kali

Trofi Piala Dunia (Wikipedia).
Trofi Piala Dunia (Wikipedia).

Piala Dunia FIFA 1970 merupakan edisi kesembilan dari Piala Dunia FIFA, yang diselenggarakan di Meksiko, 31 Mei hingga 21 Juni 1970. Meksiko dipilih FIFA pada bulan Oktober 1964 dalam sidang di Tokyo, Jepang. 

Edisi ini adalah edisi pertama Piala Dunia dilaksanakan di negara Amerika Utara, membuat turnamen dilaksankan di luar Amerika Selatan dan Eropa. 

Turnamen ini dimenangkan Brasil, setelah memenangkan pertandingan final atas Italia dengan skor 4–1, sehingga Brasil menjadi tim pertama yang memenangkan Piala Dunia untuk kali ketiga dan berhak memiliki Piala Jules Rimet untuk selamanya.

3.  Meninggalnya Soekarno

Soekarno (Wikipedia/erpustakaan Universitas Leiden)
Soekarno (Wikipedia/erpustakaan Universitas Leiden)

Dr. (H.C.) Ir. H. Soekarno yang memiliki nama lahir Koesno Sosrodihardjo lahir di Surabaya, Jawa Timur, pada 6 Juni 1901 dan meninggal di Jakarta pada 21 Juni 1970 di umur 69 tahun.

Soekarno adalah Presiden pertama Republik Indonesia yang menjabat pada periode 1945–1967. Ia adalah seorang tokoh perjuangan yang memainkan peranan penting dalam memerdekakan bangsa Indonesia dari penjajahan Belanda serta merupakan proklamator kemerdekaan Republik Indonesia.

Kesehatan Soekarno sudah mulai menurun sejak bulan Agustus 1965. Sebelumnya, ia telah dinyatakan mengidap gangguan ginjal dan pernah menjalani perawatan di Wina, Austria tahun 1961 dan 1964.

Ia bertahan selama 5 tahun sebelum akhirnya meninggal pada hari Minggu, 21 Juni 1970 di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto, Jakarta dengan status sebagai tahanan politik.

4. Kecelakaan Pesawat Fokker F-27

Pesawat Fokker F27 (Wikipedia).
Pesawat Fokker F27 (Wikipedia).

Sembilan tahun lalu tepatnya tanggal 21 Juni 2012, pesawat Fokker F27 milik TNI Angkatan Laut (AU) jatuh di Halim Perdana Kusuma. Kecelakaan yang terjadi di Jalan Branjangan II, Kompleks Rajawali, Halim Perdanakusuma itu menewaskan 11 orang.

Korban dalam kecelakaan tersebut yakni tujuh orang kru pesawat dan empat orang penghuni rumah. Selain itu 11 korban luka-luka juga disebabkan oleh kecelakaan tersebut. 

Fokker F-27 sendiri sudah dimiliki TNI AU sejak 26 September 1976 dari pemerintah Belanda dan bermarkas di Landasan Udara Halim Perdana Kusuma.

Artikel Menarik Lainnya:


TAG
Fiddy Anggriawan
Lanjar Wiratri
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US