Peristiwa 10 Mei: Lahirnya Rosihan Anwar hingga Nelson Mandela Disumpah

- Senin, 10 Mei 2021 | 10:45 WIB
Memorabilia Nelson Mandela (REUTERS/Siphiwe Sibeko)
Memorabilia Nelson Mandela (REUTERS/Siphiwe Sibeko)

Beberapa peristiwa bersejarah tercatat terjadi pada 10 Mei yang tepat jatuh pada hari ini. Berikut rangkuman beberapa momen bersejarah yang mewarnai 8 Mei.

Kelahiran tokoh pers Indonesia, Rosihan Anwar hingga Nelson Mandela yang disumpah sebagai presiden kulit hitam pertama Afrika Selatan, terjadi pada 8 Mei.

Peristiwa-peristiwa tersebut masih diingat hingga saat ini karena dianggap sebagai bagian dari sejarah yang tak bisa dilupakan. Berikut Indozone merangkum empat peristiwa bersejarah yang terjadi pada 8 Mei.

Baca Juga: Peristiwa 8 Mei: Lahirnya Pendiri Palang Merah hingga Terbunuhnya Marsinah

1. Lahirnya Rosihan Anwar

-
Tokoh Pers Indonesia, Rosihan Anwar (Jassin, H.B. 1962 [1953]. Kesusasteraan Indonesia Modern dalam Kritik dan Esei I. https://www.archives.gov/research_room/arc)

H. Rosihan Anwar (lahir di Kubang Nan Dua, Sirukam, Kabupaten Solok, 10 Mei 1922 – meninggal di Jakarta, 14 April 2011 pada umur 88 tahun) adalah tokoh pers, sejarawan, sastrawan, dan budayawan Indonesia. Rosihan merupakan salah seorang yang produktif menulis.

Memulai karier jurnalistiknya sebagai reporter Asia Raya, Rosihan aktif menjadi wartawan saat masa pendudukan Jepang di Indonesia pada tahun 1943. Ia lalu menjadi pemimpin redaksi Siasat (1947-1957) dan Pedoman (1948-1961). 

Pada masa perjuangan, ia pernah disekap oleh penjajah Belanda di Bukit Duri, Batavia (kini Jakarta). Kemudian pada tahun 1961, koran Pedoman miliknya dibredel penguasa. Pada masa Orde Baru, ia menjabat sebagai Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (1968-1974). 

Tahun 1973, Rosihan mendapatkan anugerah Bintang Mahaputra III, bersama tokoh pers Jakob Oetama. Namun kurang dari setahun setelah Presiden Soeharto mengalungkan bintang itu di lehernya, koran Pedoman miliknya ditutup.

2. Jerman invasi Belanda

-
Kota Rotterdam hancur setelah invasi Jerman di Belanda (https://www.archives.gov/research_room/arc/)

Pertempuran Belanda (bahasa Belanda: Slag om Nederland) adalah bagian dari invasi Jerman ke Belgia, Luxembourg, Belanda dan Prancis selama Perang Dunia II. Pertempuran ini terjadi dari tanggal 10 Mei 1940 hingga 14 Mei 1940 ketika pasukan utama Belanda menyerah.

Setelah dikalahkan, Belanda berada dibawah pendudukan Jerman, yang menduduki beberapa wilayah sampai Jerman menyerah pada Mei 1945. Jerman mendeportasi kebanyakan Yahudi di negara tersebut ke kamp konsentrasi Nazi, dengan bekerja sama dengan polisi dan pelayanan sipil Belanda.

75% penduduk Yahudi di Belanda dibunuh saat konflik tersebut; persentase yang lebih tinggi ketimbang negara di sekitarnya, seperti Belgia dan Prancis.

3. Lahirnya vokalis U2, Bono

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X