The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Tersangkut Kasus Narkoba, Ratusan Polisi Tanda Tangani Perjanjian di Depan Kapolda Sumbar
Personel polisi yang pernah tersangkut kasus narkoba tandatangani perjanjian di hadapan Kapolda Sumbar Irjen Pol Toni Harmanto di Padang, Senin (ANTARA/ HO-Polda Sumbar)
News

Tersangkut Kasus Narkoba, Ratusan Polisi Tanda Tangani Perjanjian di Depan Kapolda Sumbar

Senin, 26 April 2021 20:18 WIB 26 April 2021, 20:18 WIB

INDOZONE.ID - Sebanyak 266 polisi yang pernah tersangkut kasus narkoba menandatangani perjanjian di hadapan Kapolda Sumatera Barat Irjen Pol Toni Harmanto untuk tidak mengulangi perbuatannya itu lagi. 

Kapolda Sumbar Irjen Pol Toni Harmanto, memang telah mengagendakan khusus hal tersebut untuk mengumpulkan anggota Polda Sumbar yang pernah terjaring kasus narkoba dan sudah melaksanakan sidang disiplin maupun kode etik.

Irjen Pol Toni menjelaskan, sepanjang tahun ini, pihaknya telah melakukan tes urine kepada 1.841 personel dan ditemukan 13 personel terindikasi positif menggunakan narkoba.

Ia menyebutkan sejak 2015 hingga saat ini 286 personel kepolisian baik di Polda Sumbar dan Polres kota dan kabupaten telah menjalani sidang etik.

"Artinya 2,9 persen dari total 9.861 personel terlibat narkoba. Dan yang telah diputuskan PTDH sebanyak 33 orang," kata Irjen Pol Toni, seperti dilansir Antara, Senin (26/4/2021).

Ia juga mengatakan, kondisi itu tentu sangat memprihatinkan. Hal itu juga sebagai pengingat untuk meningkatkan pengawasan dan pengendalian terhadap anggota Polri.

Dalam mencegah penyalahgunaan narkoba di kalangan anggota Polri, pihaknya telah melakukan berbagai upaya mulai dari pembinaan oleh para Kasatker, rehabilitasi, proses disiplin dan kode etik dan mulai awal tahun 2021 ini.

"Kita sudah mulai memproses secara pidana terhadap anggota Polri yang memiliki hasil tes urine positif mengkonsumsi narkoba. Ini merupakan komitmen saya dan telah saya tegaskan beberapa kali pada berbagai kesempatan, kepada seluruh anggota untuk senantiasa menghindari narkoba," kata dia.

Penandatanganan itu dilakukan secara langsung di Polda dan melalui video conference bagi yang di Polres.

Penandatanganan disaksikan langsung oleh Kapolda Sumbar Irjen Pol Toni Harmanto dan Pejabat Utama Polda Sumbar di ruang Jenderal Hoegeng lantai IV Mapolda Sumbar pada Senin

Penandatanganan perjanjian tersebut juga dihadiri oleh keluarga dari anggota yang pernah bermasalah tersebut, baik orang tua, istri dan anak-anaknya.
 

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Abul Muamar
Putri Octapia Saragih
TERKAIT DENGAN INI
JOIN US
JOIN US