Kasus Mafia Karantina, 5 WN India Diamankan Polres Bandara Soetta

- Rabu, 28 April 2021 | 20:57 WIB
Konferensi pers kasus mafia karantina di Bandara Soekarno-Hatta. (Dok Polres Bandara Soetta)
Konferensi pers kasus mafia karantina di Bandara Soekarno-Hatta. (Dok Polres Bandara Soetta)

Polres Bandara Soekarno Hatta (Soetta) berhasil mengamankan lima warga negara asing (WNA) asal India yang masuk ke Indonesia tanpa mengikuti proses yang berlaku seperti karantina. Kelima pelaku ini bisa masuk ke Indonesia dengan menggunakan jasa mafia karantina.

Kelima pelaku itu antara lain berinisial SR (35), CM (40), KM (36), PN (47) dan SD (35). Kelimanya merupakan WN India yang datang ke Indonesia.

"Polres Bandara Soetta mengungkap lima laporan polisi dengan indikasi dugaan ada sekitar 7 (WN India) tersangka. Tapi lima yang sekarang sudah jadi tersangka," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus dalam konferensi pers di Mapolres Bandara Soetta, Tangerang, Rabu (28/4/2021).

Yusri menyebut saat ini pihaknya masih mengembangkan kasus ini dan mencari pelaku lainnya. Untuk modus sindikat mafia karantina ini disebutnya tidak jauh beda dengan modus sindikat mafia karantina dengan tersangka WNI berinisial JD.

Baca Juga: Geger, Wanita Cantik Ini Ngaku Hampir Dijual Teman ke Pria Hidung Belang

Modusnya mereka mulai dari tiba di Indonesia, mengisi formulir karantina hingga berjalan menuju lokasi karantina. Namun, para WN asal India ini tidak sampai ke lokasi karantina.

-
Konferensi pers kasus mafia karantina di Bandara Soekarno-Hatta. (Dok Polres Bandara Soetta)

 

"Masuk tahap dua, disiapkan kendaraan Damri untuk pengangkutan berangkat ke hotel yang dirujuk. Masuk ke tahap kedua ini ada indikasi lagi inisialnya GC, dia yang meng-upload, dia yang masukan database, misalnya namanya VCJ, diatur masuk yang dirujuk misal Hotel," kata Yusri.

"Dia masukan ke situ sehingga terdata di database satgas yang ada di Bandara bahwa VJC itu nanti diisolasi di Holiday Inn. Terus ke mana si VJC? Bukan dimasukkan ke bus Damri tetapi sudah siap mobilnya di sana, sudah siap dia naik taksi bisa pulang, itu yang terjadi," sambung Yusri.

Seperti diketahui, Polda Metro Jaya saat ini tengah menyidik kasus mafia karantina. Ada dua kasus serupa namun sama yang sedang disidik oleh polisi.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X