Kunjungi Warga Baduy, Erick Thohir Jadi Orang Pertama yang dapat Gelar Dulur Baduy

- Sabtu, 23 Oktober 2021 | 13:39 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir dapat gelar Dulur Baduy (Instagram/erickthohir)
Menteri BUMN Erick Thohir dapat gelar Dulur Baduy (Instagram/erickthohir)

Menteri BUMN Erick Thohir mengunjungi Suku Baduy di Desa Kanekes, Leuwidamar, Kabupaten Lebak. Dalam kunjungan itu, lembaga adat Baduy memberikan gelar Dulur Baduy ke Erick Thohir.

Pemberian  gelar Dulur Baduy ke Erick Thohir ini atas dasar kesepakatan para tokoh adat, kepala desa atau jaro dan tokoh dari Baduy dalam.

Gelar ini juga diberikan setelah Menteri BUMN memberikan bantuan kepada korban kebakaran di Kampung Cepak Huni yang masuk kawasan Baduy luar. Sekitar 16 rumah terdampak kebakaran tersebut.

"Alhamdulillah, diberi nikmat oleh Yang Maha Kuasa untuk dapat bertemu dengan masyarakat adat Desa Kanekes, Baduy. Kampung Cepak Huni di Desa Kanekes belum lama ini mengalami musibah kebakaran. Saya menyampaikan amanah untuk meringankan beban masyarakat yang terkena musibah. Semoga bantuan yang disalurkan dapat bermanfaat," tulis Erick Thohir di akun Instagramnya, dikutip Sabtu (23/10/2021).

Terkait gelar adat ke Erick Thohir, tokoh Baduy dalam, Ayah Mursyid, menjelaskan bahwa Dulur artinya bersahabat, bersilaturahmi dan menghargai. Gelar Dulur Baduy untuk Erick Thohir diharapkan membuat semua orang bersama-sama menjaga alam.

"Gelar Dulur Baduy itu bermakna untuk kita semua, silaturahminya, untuk kemajuan, saling menghargai, menjaga alam dan lingkungan, menghidupkan perekonomian," kata Ayah Mursyid, Rabu (20/10/2021).

Dengan gelar ini, tak hanya Erick Thohir yang akan menjaga Baduy, namun juga pemerintah dan BUMN punya kewajiban bersama. Gelar adat ini juga merupakan yang pertama kalinya diberikan.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Erick Thohir (@erickthohir)

"Yang saya tahu belum pernah ada, biasanya ada sebutan lain, tapi bukan gelar dulur," ujarnya.

Setelah diberikan gelar Dulur Baduy, Erick Thohir berjanji akan menjaga alam agar seimbang.

"Suatu kehormatan bagi saya atas pemberian gelar adat yang sakral dari masyarakat Kanekes. Semoga saya mampu menerapkan nilai kearifan Urang Kanekes, baik dalam peran saya sebagai abdi negara dalam pemerintahan maupun sebagai Dulur Baduy.

"Saya tentu melihat bagaimana suku Baduy bersahabat dengan alam. Menjaga alam kita agar seimbang. Karena sekarang saya menjadi Dulur Baduy saya juga sebagai menteri BUMN saya akan memastikan bagaimana kementerian harus menjadi bagian institusi yang menjaga alam Indonesia. Seperti yang diperjuangkan suku Baduy," paparnya.

Makan bersama

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Erick Thohir (@erickthohir)

Menteri BUMN Erick Thohir juga menyempatkan ngariung atau makan bersama dengan warga Baduy. Erick tampak menikmati lauk dengan sambal.

Halaman:

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X