Hepatitis Akut Merebak, Dinkes DKI Sebut PTM di Sekolah Tetap Jalan Terus

- Kamis, 19 Mei 2022 | 10:26 WIB
Sejumlah murid bermain disela menunggu dimulainya kegiatan belajar di SDN Lenteng Agung 07, Jakarta. (ANTARA/Indrianto Eko Suwarso)
Sejumlah murid bermain disela menunggu dimulainya kegiatan belajar di SDN Lenteng Agung 07, Jakarta. (ANTARA/Indrianto Eko Suwarso)

Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta menyebutkan bahwa penyebaran kasus hepatitis akut secara misterius saat ini belum mengganggu pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) di sekolah.

Oleh sebab itu, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes DKI Jakarta, Dwi Oktavia menilai, penerapan kembali pembelajaran jarak jauh (PJJ) seperti saat kasus Covid-19 meningkat belum tepat.

“Saat ini PTM, untuk mengalihkan kembali PTM ke PJJ belum tepat,” ucap Dwi kepada awak media, Kamis (19/5/2022).

Anak buah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan itu menjelaskan, hingga saat ini penyebaran kasus hepatitis akut misterius di Jakarta memang bertambah, namun belum sampai kepada penghentian PTM di sekolah.

BACA JUGA: Soal Sekolah di Jakarta PTM 100 Persen, Wagub DKI: Masih Terus Digodok

Maka dari itu, Dinkes DKI mengimbau agar seluruh masyarakat tetap menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dengan baik, dan memastikan keamanan asupan makanan yang ingin dikonsumsi.

“Artinya edukasi publiknya adalah menjaga kesehatan dalam konteks mencegah penularan lewat saluran cerna, pencegahan penyakit lewat saluran pernapasan dengan cara PHBS,” terangnya.

“Untuk makanan mengolah makanan dengan sempurna, sebelum makan cuci tangan, yang masak cuci tangan, itu secara umum sekaligus bisa mengurangi tipes, diare dan untuk penyakit yang lain seperti itu,” tandas Dwi.

Seperti diberitakan sebelumnya, Dinkes DKI mencatat ada sebanyak 24 orang pasien yang diduga mengalami hepatitis akut misterius. Namun, hingga saat ini masih ditunggu hasil dari pemeriksaannya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X