Lodewijk Freidrich Resmi Dilantik Sebagai Wakil Ketua DPR, Gantikan Azis Syamsuddin

- Kamis, 30 September 2021 | 11:57 WIB
Pelantikan Lodewijk Freidrich Paulus sebagai Wakil Ketua DPR bidang Politik dan Keamanan periode 2019-2024. (INDOZONE/Harits Tryan)
Pelantikan Lodewijk Freidrich Paulus sebagai Wakil Ketua DPR bidang Politik dan Keamanan periode 2019-2024. (INDOZONE/Harits Tryan)

Lodewijk Freidrich Paulus resmi ditetapkan sebagai Wakil Ketua DPR bidang Politik dan Keamanan periode 2019-2024 usai menggantikan Azis Syamsuddin. Di mana setelah ditetapkan Lodewijk kemudian dilantik dan mengikuti sumpah jabatan oleh Ketua Mahkamah Agung (MA) Syarifuddin.

Rapat paripurna dipimpin oleh Ketua DPR Puan Maharani. Di mana awalnya Puan melaporkan, pimpinan dewan telah menerima surat dari DPP Partai Golkar bertanggal 28 September terkait persetujuan pergantian antara waktu pimpinan DPR 2019-2024 dari Fraksi Golkar.

Kemudian, kata dia, sesuai rapat konsultasi pengganti Bamus, keputusan pergantian Azis Syamsuddin tersebut kemudian dibawa ke rapat paripurna hari ini.

Baca juga: Hari Ini DPR Gelar Rapat Paripurna Penetapan Lodewijk Untuk Gantikan Azis Syamsuddin

"Berdasarkan peraturan DPR RI Nomor 1 Tahun 2020 tentang Tatib yang mengatur tata cara pemberhentian pimpinan DPR karena mengundurkan diri sebagai pimpinan DPR, maka perlu menetapkan pemberhentian saudara M Azis Syamsuddin dari jabatan wakil ketua DPR RI bidang Korpolkam," kata Puan dalam rapat paripurna di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (30/9/2021).

Setelah itu, dalam rapat paripurna selaku pimpinan sidang Puan menayakan langsung kepada para anggota apakah pergantian pimpinan DPR dari Azis Syamsuddin ke
Lodewijk F Paulus dapat disetujui.

"Sehubungan dengan hal tersebut, kami menanyakan kepada seluruh perserta sidang apakah saudara Haji Lodewijk F Paulus dapat ditetapkan sebagai wakil ketua DPR RI, apakah dapat disetujui?" tanya Puan.

“Setuju” jawab peserta rapat.

Setelah itu, Lodewijk mengikuti sumpah jabatan oleh Ketua Mahkamah Agung (MA) Syarifuddin untuk menjadi Wakil Ketua DPR RI bidang Korpolkam yang baru.

“Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan memenuhi kewajiban saya sebagai wakil Ketua DPR dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya sesuai dengan persatuan perundang-undangan dengan berpedoman pada pancasila dan UUD tahun 1945,” kata Syarifuddin yang diikuti dengan Lodewijk.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X