Perkelahian Berdarah Antar Geng Kembali Pecah di Penjara Ekuador, 24 Napi Tewas

- Rabu, 29 September 2021 | 10:39 WIB
Penjara Penitenciaria del Litoral. (Gk.city)
Penjara Penitenciaria del Litoral. (Gk.city)

Kerusuhan di sebuah penjara di Penitenciaria del Litoral, Provinsi Guayas, Ekuador sedikitnya menewaskan 24 narapidana pada Selasa (28/9/2021).

Dilansir laporan Reuters, insiden kerusuhan itu terjadi karena adanya perkelahian antar geng narapidana di dalam penjara. Beberapa kali tembakan dan ledakan terdengar di beberapa area di penjara tersebut.

Insiden itu menambah daftar panjang kasus kerusuhan di dalam penjara Ekuador dalam setahun belakangan ini.

Akibat kerusuhan itu, sedikitnya 24 narapidana dilaporkan tewas dan 48 narapidana lainnya mengalami luka-luka.

"Peringatan muncul karena adanya suara tembakan dan ledakan di beberapa titik lokasi," ujar badan pemasyarakatan wilayah, SNAI dalam pernyataannya.

SNAI mengatakan pihaknya baru dapat kembali menguasai blok penjara tersebut pada sore harinya setelah insiden kerusuhan terjadi.

Sebelumnya, kerusuhan di dalam penjara Ekuador terjadi pada Februari dan Juli 2021 lalu. Dilaporkan sebanyak 79 narapidana tewas pada kerusuhan Februari, dan 22 narapidana tewas pada kerusuhan Juli.

Badan pengatur Hak Asasi Manusia Antar-Amerika (IACHR) mengecam aksi kerusuhan serta kekerasan yang terjadi di dalam penjara Ekuador.

Sementara itu, Human Rights Watch meminta Pemerintah Ekuador untuk segera melakukan penyelidikan terhadap dalang-dalang kerusuhan di dalam penjara dan membawa mereka hingga ke pengadilan.

Banyak penjara di Ekuador yang dikabarkan sudah over kapasitas. Presiden Ekuador Guillermo Lasso beberapa waktu lalu berjanji akan melakukan evaluasi dan bersiap menggelontorkan dana besar untuk perbaikan sistem di penjara.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X