AS Terancam Gagal Bayar Utang Ratusan Ribu Triliun, Ini Dampak Mengerikan yang Menanti

- Jumat, 24 September 2021 | 13:54 WIB
Mata uang dollar AS (REUTERS/Jose Luis Gonzalez)
Mata uang dollar AS (REUTERS/Jose Luis Gonzalez)

Pemerintah Amerika Serikat terancam tidak bisa membayar utang yang jatuh tempo pada 20 Oktober 2021. Pemerintah AS mengatakan mereka akan kehabisan uang untuk membayar utang.

Lalu, berapa banyakkah utang Amerika Serikat? Berdasarkan data dari Statista per Agustus 2021, utang Amerika Serikat mencapai US$ 28,4 triliun atau setara Rp 404 kuadriliun.

Jika AS sampai gagal membayar utang, maka menurut Kepala Ekonom Moody's Analytics Mark Zandi, ini akan menjadi bencana bagi ekonomi AS yang masih berusaha pulih.

Kegagalan pembayaran utang akan membawa AS masuk jurang resesi yang lebih parah. Berbagai hal buruk yang bisa terjadi seperti pengangguran bertambah 6 juta orang, kenaikan suku bunga, dan biaya kredit mobil dan rumah naik.

Gagal bayar utang AS juga akan menghancurkan pasar keuangan, mengganggu harga saham dan mengurangi US$ 15 triliun kekayaan masyarakat.

"Ini adalah bencana besar," kata Zandi dikutip dari CNN, Jumat (24/9/2021).

Namun, Menteri Keuangan AS mengklaim sudah meminta Kongres agar menaikkan batas utang. Hanya saja Partai Republik menolak karena mengkhawatirkan beban keuangan.

Zandi menambahkan meski ada kekhawatiran AS gagal bayar utang, pasar keuangan masih belum gonjang-ganjing karena yakin Kongres akan mengatasi masalah ini.

"Ini ironis, investor sangat optimis, pemangku kebijakan juga tidak khawatir dan percaya diri. Tapi ini akan menjadi kesalahan yang membahayakan," jelasnya.

Jika batas utang tetap tidak dinaikkan,akan berakibat pada pemangkasan anggaran besar-besaran, salah satunya jaminan sosial.

Pemerintahan AS juga terancam shutdown atau ditutup sementara karena kehabisan anggaran. Negara adidaya ini juga terancam mengalami default (gagal bayar) yang pertama dalam sejarah, hingga krisis finansial.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

X