Begini Pengakuan Terbit Rencana Perangin Angin si Pemilik Kerangkeng Manusia

- Rabu, 26 Januari 2022 | 14:28 WIB
Kerangkeng manusia bupati nonaktif Langkat. TErbit Rencana Perangin Angin. (ANTARA FOTO/Dadong Abhiseka)
Kerangkeng manusia bupati nonaktif Langkat. TErbit Rencana Perangin Angin. (ANTARA FOTO/Dadong Abhiseka)

Bupati nonaktif Bupati Langkat, Terbit Rencana Perangin Angin diketahui memiliki kerangkeng manusia di belakang rumahnya, yang diklaim untuk membina para pengguna penyalahgunaan narkoba.

Penemuan pertama kali dilaporkan lembaga swadaya masyarakat (LSM) hak asasi manusia (HAM), Migrant Care. Dalam laporannya, mereka menyebut kerangkeng manusia digunakan untuk perbudakan para pekerja sawit Terbit, yang menjadi tersangka kasus korupsi penyuapan dan korupsi pengadaan proyek di Langkat.

Migrang Care menyebut ada 40 orang yang tidak diperlakukan dengan baik di kerangkeng manusia tersebut.

Laporan kemudian ditindaklanjuti oleh kepolisian. Karo Penmas Divisi Humas Mabes Polri, Brigjen Ahmad Ramadhan mengatakan bahwa kerangkeng manusia digunakan sebagai tempat rehabilitasi pengguna narkoba, namun pihak tetap menyelidik kasus adanya perbudakan di tempat itu.

Gratis

Terbit Rencana Perangin Angin sebelum kasus kerangkeng manusia di rumahnya mencuat, sudah mengakui memiliki tempat yang disebutnya sebagai tempat pembinaan pengguna narkoba.

Ia mengklaim bahwa para pengguna narkoba yang berada di tempatnya datang dengan kemauan sendiri atau diantar oleh pihak keluarga yang memiliki kerabat ketergantungan masalah narkoba.

“Perawatan itu gratis semua. Ada keluarganya yang mengantarkan, ada juga keluarga yang meminta supaya dijemput. Kalau persedian itu semua, gratis. Kita yang penyediaan semua,” tuturnya dalam Channel YouTube milik istrinya, Tiorita Rencana, pada 27 Mei 2021.

Motivasi Membangun Kerangkeng Manusia

Terbit pada kesempatan itu menjelaskan bahwa pembuatan kerangkeng manusia telah didirikan sebelumnya dirinya menjadi bupati Langkat atau 10 tahun silam.

-
Kerangkeng manusia bupati nonaktif Langkat. TErbit Rencana Perangin Angin. (ANTARA FOTO/Dadong Abhiseka)

Baca juga: BNN Sebut Kerangkeng Manusia Bupati Lahat Bukan Tempat Rehabilitasi Pengguna Narkoba

Dia berharap dengan adanya tempat yang mirip penjara itu, dirinya bisa membantu masalah para penyalahguna narkoba untuk bisa sembuh.

“Pandangan kami berharap bisa membantu masyarakat Kabupateng Langkat. Di mana, apabila salah satu anggota keluarganya ada penyalahguna narkoba, kami berharap membantu keluarga yang terkena narkoba,” paparnya. 

“Kalau itu kami lakukan, itu kami membantu keluarga, yang salah satu (anggota) keluarganya kena penyalahgunaan narkoba. Itu awalnya (pembangunan kerangkeng).”

“Supaya di Kabupaten Lahat, walaupun kecil, kami sungguh perhatian terhadap penyalahguna narkoba. Karena kami melihat, banyak korban-korban penyalahguna narkoba,” lanjut Terbit. 

Klaim Bina Ribuan Pasien

Selama kurang lebih 10 tahun kerangn manusia berdiri di rumahnya, Terbit mengklaim telah membina ribuan penyalahguna narkoba.

Halaman:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X