Arifin Panigoro Meninggal Dunia, Mensesneg hingga Moeldoko Ucapkan Duka Cita

- Senin, 28 Februari 2022 | 14:38 WIB
Arifin Panigoro (ANTARA/ IPL/Arif Ariadi)
Arifin Panigoro (ANTARA/ IPL/Arif Ariadi)

Pengusaha minyak dan gas bumi Arifin Panigoro meninggal dunia dalam usia 76 tahun di Amerika Serikat pada Minggu (27/2/2022) pukul 02.29 waktu Rochester Minneapolis atau Senin (28/2/2022) pukul 03.29 Waktu Indonesia Barat.
 
Ia menghembuskan nafas terakhirnya setelah mendapatkan perawatan intensif di rumah sakit setempat.

Kabar duka itu langsung meramaikan jagat media sosial di Tanah Air. Tak ayal, Menteri Sekretariat Negara (Mensesneg) Pratikno hingga Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko menguncapkan rasa dukanya.

"Innalillahi wa innailaihi rajiun, mari kita doakan bersama, semoga almarhum Bapak Arifin Panigoro mendapat tempat terbaik di sisi Allah SWT," kata Mensesneg Pratikno dalam pernyataan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin (28/2/2022).

"Selamat Jalan Bapak Arifin Panigoro," tulis Moeldoko dalam akun Instagram @dr_moeldoko yang dikutip di Jakarta.

Seperti dilansir ANTARA, Arifin adalah seorang pengusaha Indonesia berdarah Gorontalo yang dijuluki 'Raja Minyak Indonesia'.

Ia juga dikenal sebagai pendiri dan pemilik MedcoEnergi yang merupakan perusahaan pertambangan minyak dan gas bumi swasta terbesar di Indonesia.

BACA JUGA: Mahfud MD Tegaskan Rekomendasi Impor Kebutuhan Covid-19 Tak Sembarangan

Alumni Teknik Elektro Institut Teknologi Bandung itu memulai karirnya sebagai kontraktor instalasi listrik. Ia membangun Grup Medco yang bermula dari sebuah perusahaan kontraktor partikelir di bidang jasa pengeboran minyak dan gas bumi di daratan pada 1980.

Salah satu tonggak sejarah Medco adalah membeli Stanvac yang dimenangkan melalui tender yang kemudian namanya diubah menjadi Expan. Melalui pembelian itu, Stanvac tak lagi dimiliki asing, tetapi sudah sepenuhnya dimiliki oleh Medco.

Saat ini, Medco menggarap berbagai bisnis industri hulu berupa eksplorasi dan produksi migas, pertambangan tembaga, pertambangan emas; dan industri hilir di bidang pembangkit listrik.

Arifin berada di urutan ke-47 orang terkaya di Indonesia versi Forbes. Tak hanya itu, ia juga merupakan anggota Dewan Pertimbangan Presiden.

Dalam karir politiknya, Arifin dikenal sebagai sosok yang dekat dengan kalangan mahasiswa. Ia dituduh menggagalkan Sidang Umum MPR yang hendak melantik Soeharto menjadi presiden untuk ketujuh kalinya pada tahun 1998.

Kala itu, ia melakukan pertemuan dengan sejumlah tokoh politik di Hotel Radison, Yogyakarta.

Saat aksi mahasiswa kian memanas dan meminta Soeharto turun, Arifin memberikan bantuan logistik kepada para mahasiswa yang melakukan demonstrasi di Gedung DPR.

Halaman:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X