Presiden Ukraina: Kami Siap Berunding dengan Rusia, tapi Tidak di Belarus!

- Senin, 28 Februari 2022 | 12:57 WIB
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky. (Layanan Pers Kepresidenan Ukraina via REUTERS)
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky. (Layanan Pers Kepresidenan Ukraina via REUTERS)

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky siap berunding dengan Rusia untuk meredam konflik antara kedua negara tersebut. Namun Zelenskiy dengan tegas menolak perundingan itu terjadi di Belarus, dan menyarankan kota-kota alternatif, seperti Budapest dan Warsawa.

Zelensky menyampaikan penolakannya itu melalui sebuah video yang diunggah di saluran Telegram miliknya pada Minggu (27/2/2022), tak lama setelah Kremlin mengumumkan bahwa delegasi Rusia tiba di Belarus dan siap berunding dengan Ukraina di kota Gomel.

Dia mengatakan bahwa Ukraina siap berdialog dengan Rusia asal tidak di Belarus sebab Rusia telah melancarkan sejumlah serangannya dari Belarus.

Baca Juga: PBB Klaim 64 Warga Sipil Tewas Akibat Invasi Rusia di Ukraina

"Kami menolak Minsk. Kota-kota lainnya bisa menjadi tempat pertemuan," kata Zelensky, seperti disadur dari Reuters, Senin (28/2/2022).

"Kami ingin perdamaian, kami ingin bertemu, kami ingin menyudahi perang ... Kota lain apa pun akan cocok dengan kami, negara mana saja, yang wilayahnya tidak meluncurkan rudal ke arah kami," sambungnya.

Dia menambahkan bahwa Ukraina sudah mengajukan pertemuan di negara lain, seperti Polandia, Hungaria, Turki dan Azerbaijan, namun hingga kini Rusia menolaknya.

Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov sebelumnya mengatakan delegasi Rusia, termasuk perwakilan Kementerian Luar Negeri, Kementerian Pertahanan dan lembaga pemerintah lainnya, sudah tiba di Belarus.

Peskov mengatakan Rusia telah mewanti-wanti Ukraina bahwa selama pembicaraan nanti, mereka tidak akan menangguhkan operasi militer.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X