Ukraina untuk Indonesia: Kami Ingin Dengar Suara Anda yang Lantang dan Berani Membela Kami

- Rabu, 2 Maret 2022 | 09:45 WIB
Penduduk Ukraina bereaksi dengar suara ledakan di tempat perlindungan bom Donetsk. (REUTERS/Alexander Ermochenko)
Penduduk Ukraina bereaksi dengar suara ledakan di tempat perlindungan bom Donetsk. (REUTERS/Alexander Ermochenko)

Kedutaan Besar (Kedubes) Ukraina untuk Indonesia mengelurakan pernyataan terkait negara mereka yang terus mendapat serangan dari Rusia, sejak Kamis (24/2/2022).

Pada pernyataan yang dirilis, Selasa (1/3/2022) itu, Kedubes Ukraina menyebut bangsa Indonesia adalah bangsa yang kuat dan gagah. Indonesia juga disebut sebagai negara pejuang dan kebenaran dan kebebasan.

“Anda adalah pewaris kerajaan-kerajaan besar Majapahit, Pajajaran, Sriwijaya, yang berhasil melumpuhkan para penjajah Mongol yang kala itu tak terkalahkan. Anda adalah penerus memori tentang perjuangan melawan para penjajah demi kemerdekaan dan kebebasan bangsa di abad 19-20,” demikian pernyataan Kedubes Ukraina untuk Indonesia.

Pada pernyataan itu, mereka juga menyebut bahwa Indonesia berhasil menepis rayuan tipuan Komunis dan tak tunduk.

Baca juga: Cepetan, Warga yang Mau Divaksin Covid-19 Bakal Dikasih 2 Liter Minyak Goreng

“Anda unik dalam keragaman Anda, Anda bebas pula perkasa. Anda adalah pilar perdamaian dan stabilitas di kawasan Asia Tenggara. Suara Anda yang penuh keyakinan serta keteguhan terdengar jelas di Perserikatan Bangsa-Bangsa bahkan pelosok dunia nan jauh,” tambah pernyataan tersebut.

Menurut PBB, sedikitnya 136 warga sipil tewas, termasuk 13 anak, dan 400 orang lainnya terluka sejak Rusia menggempur Ukraina pada pekan lalu.

Berikut pernyataan lengkap Kedubes Ukraina untuk Indonesia:

“Bangsa Indonesia!

Anda adalah bangsa yang kuat dan gagah, Anda adalah pejuang kebenaran dan kebebasan, Anda adalah tulang punggung perdamaian dan keadilan di negara Anda yang bebas dan demokratis.

Anda adalah pewaris kerajaan-kerajaan besar Majapahit, Pajajaran, Sriwijaya,
yang berhasil melumpuhkan para penjajah Mongol yang kala itu tak terkalahkan.

Anda adalah penerus memori tentang perjuangan melawan para penjajah demi kemerdekaan dan kebebasan bangsa di abad 19-20.

Anda adalah bangsa bijak yang mampu menepis rayuan tipuan komunis dan tak tunduk padanya.

Anda unik dalam keragaman Anda, Anda bebas pula perkasa. Anda adalah pilar perdamaian dan stabilitas di kawasan Asia Tenggara. Suara Anda yang penuh keyakinan serta keteguhan terdengar jelas di Perserikatan Bangsa-Bangsa bahkan pelosok dunia nan jauh.

Halaman:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X