Libur Lebaran Berakhir, Jokowi Minta PPKM Mikro Kembali Diperketat

- Senin, 17 Mei 2021 | 15:27 WIB
PPKM Mikro. (photo/ANTARA FOTO/Rahmad)
PPKM Mikro. (photo/ANTARA FOTO/Rahmad)

Libur lebaran Idul Fitri telah berakhir. Presiden Jokowi meminta jajarannya untuk kembali menerapkan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat  (PPKM) Mikro di seluruh daerah Indonesia.

Hal ini bertujuan untuk memastikan masyarakat yang baru kembali dari kampung halaman, tidak menyebarkan Covid-19.

"Arahan Presiden untuk memperkuat PPKM Mikro baik di tempat mereka (pemudik) berangkat maupun tempat tujuan di daerah, di Jakarta misalnya," ujar Ketua Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional, Airlangga Hartarto usai rapat terbatas dengan Presiden Jokowi, Senin 17 Mei 2021.

Airlangga menambahkan, khusus di Pulau Sumatera, aparat akan memeriksa semua orang yang keluar masuk dari Pelabuhan Bakaheuni, Lampung. Pemeriksaan itu untuk memastikan orang yang akan masuk ke Pulau Jawa tidak membawa virus.

"Tentu kita berharap mereka yang masuk ke Jawa, terutama dari wilayah yang naik itu (memiliki kenaikan kasus COVID-19) sudah aman dari COVID-19," kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian tersebut.

Lanjutnya, secara umum pengendalian Covid-19 di Indonesia cukup terkendali. Indonesia memiliki 5,3 persen kasus aktif Covid-19, yang artinya lebih rendah dibanding rata-rata global sebesar 11,09 persen.

Namun demikian, belakangan malah terjadi peningkatan kasus COVID-19 di 15 provinsi. Beberapa di antaranya Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Jambi, Bangka Belitung, DKI Jakarta, Maluku, Banten, NTB, Maluku Utara, Kalimantan Tengah, Sulawesi Tengah dan Sulawesi Selatan.

"Kalau kita lihat dibandingkan minggu pertama April, kasus mingguan di Sumatera ada tren meningkat dan tentu kita memonitor mobilitas penduduk pasca-lebaran dari Sumatera ke Jawa," kata dia.

 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X