Kentaro Miura Meninggal Dunia, Manga Berserk Tak akan Pernah Selesai?

- Kamis, 20 Mei 2021 | 14:11 WIB
Kentaro Miura, pembuat manga Berserk (IMDB).
Kentaro Miura, pembuat manga Berserk (IMDB).

Kentaro Miura, pencipta manga Berserk, meninggal dunia pada usia 54 tahun. Menurut pernyataan penerbit Berserk Hakusensha, dia meninggal pada 6 Mei lalu akibat diseksi aorta akut.

Karya Miura yang paling terkenal, Berserk, memulai serialisasinya pada tahun 1989. Sebuah manga fantasi gelap berlatar di alam semesta yang terinspirasi abad pertengahan yang brutal, pengaruh Berserk dapat dilihat dalam berbagai karya fiksi. 

Video game seperti Dark Souls, Bloodborne dan Final Fantasy bersama dengan manga dan anime seperti Demon Slayer, Castlevania, dan Vagabond semuanya menunjukkan pengaruh Miura.

Kentaro Miura mulai menggambar pada usia 10 tahun dengan menciptakan manga untuk teman-teman sekelasnya, tetapi setelah lulus ia bekerja sebagai asisten George Morikawa, pencipta manga tinju Hajime No Ippo, pada usia 18 tahun.

Berserk menceritakan kisah "Guts". Seorang pendekar pedang bayaran yang bercampur dalam dunia buas dengan pertempuran dan sihir tanpa akhir. Dia sedang dalam pencarian untuk membalas dendam terhadap mantan tuannya Griffith, yang naik menjadi dewa iblis. 

Baca Juga: Wow! Komik Awal Kemunculan Superman Berhasil Terjual Rp47,7 Miliar

Berserk terkenal karena penceritaan visualnya yang tak tergoyahkan, seringkali brutal, dicampur dengan beberapa seni paling mempesona dan terperinci yang pernah ada di manga.

Para penggemar pun memberikan tribut untuk Miura di media sosial, seperi Twitter.

Sebagai hasil dari popularitas Berserk, sebuah anime diproduksi pada tahun 1997. Sebuah serial film, yang meliputi cerita awal dari manga tersebut diproduksi pada tahun 2012, dengan sebuah seri tambahan yang dirilis pada tahun 2016. Beberapa video game berdasarkan Berserk juga dirilis.

Serialisasi Berserk sedang berlangsung. Akibatnya, manga tersebut kemungkinan tidak akan pernah selesai karena kepergian Miura.

Artikel Menarik Lainnya:

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X