Ilmuwan Ciptakan Alat Penurun Berat Badan, Terbuat dari Magnet

- Jumat, 6 Agustus 2021 | 09:41 WIB
Alat penurun berat badan yang terbuat dari magnet (Foto/Universitas Otago)
Alat penurun berat badan yang terbuat dari magnet (Foto/Universitas Otago)

 

Universitas Otago bersama peneliti di Inggris ciptakan terobosan baru yakni alat penurun berat badan pertama di dunia yang terbuat dari magnet. Alat tersebut dibuat guna mengurangi tingkat obesitas yang banyak terjadi hampir di seluruh dunia.

Berdasarkan informasi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), obesitas telah menjadi epidemi secara global. Ada 2,8 juta orang meninggal akibat obesitas setiap harinya.

Dikutip dari World of Buzz, Jumat (6/8), alat itu dinamai Dental Slim Diet Control, yang merupakan alat intra-oral yang dipasang di bagian gigi belakang, atas dan bawah. Alat itu juga memiliki baut pengunci yang sangat unik. Dengan memakai alat ini, mereka hanya bisa membuka mulut hingga 2 mm, sehingga membatasi mereka untuk makan.

Namun soal bicara dan bernafas, masih bisa dilakukan dengan normal.

"Maksud dari perangkat ini tidak dimaksudkan sebagai alat penurunan berat badan yang cepat atau jangka panjang, melainkan untuk membantu orang-orang yang perlu menjalani operasi dan yang tidak dapat menjalani operasi sampai mereka kehilangan berat badan,” kata Universitas Otago.

Pihaknya mengatakan, penggunaan alat itu bisa dilepas setelah 2-3 minggu pemakaian.

"Setelah 2-3 minggu mereka dapat melepaskan magnet dan perangkatnya. Mereka masih dapat mengalami menstruasi dan diet yang tidak terlalu dibatasi. Selanjutnya kembali menjalani pengobatan," kata Universitas Otago.

Sebagai peneliti utama, Wakil Rektor Ilmu Kesehatan Universitas Otago, Profesor Paul Brunton mengatakan alat itu sangat efektif, aman dan terjangkau bagi penderita obesitas. Alat itu dapat dilepas dalam keadaan darurat dan dapat dipasang kembali.

Berdasarkan hasil percobaan, peserta yang mengikuti uji coba berhasil menurunkan berat badan rata-rata 6,63 kg dalam waktu 2 minggu. Walau dianggap efektif, namun ada hambatan yang dirasakan oleh penggunanya.

"Hambatan utama bagi orang yang ingin berhasil menurunkan berat badan adalah kepatuhan. Itu membantu mereka membangun kebiasaan baru, yakni memungkinkan mereka untuk mematuhi diet rendah kalori untuk jangka waktu tertentu," tegas Profesor Brunton.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X