The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Jokowi Cari di Apotek, Pasien Ini Malah Sebut Oseltamivir Sebagai Obat Setan & Berbahaya
Presiden Jokowi mencari obat oseltamivir di apotek, namun kosong. (Istimewa)
News

Jokowi Cari di Apotek, Pasien Ini Malah Sebut Oseltamivir Sebagai Obat Setan & Berbahaya

Jumat, 23 Juli 2021 20:58 WIB 23 Juli 2021, 20:58 WIB

INDOZONE.ID - Saat Presiden Joko Widodo atau Jokowi mencari Oseltamivir yang diketahui sebagai obat antivaksin atau obat terapi Covid-19, seorang pasien yang baru sembuh malah menyebut obat itu sebagai obat setan dan berbahaya.

Diketahui Jokowi yang dikawal oleh Paspampres mencari-cari obat oseltamivir di Apotek Villa Duta di Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor, Jumat (23/7/2021).

Sayang obat yang dicari malah kosong. Karena pasokan memang sudah lama tidak masuk ke apotek tersebut.

Namun seorang pasien yang mengaku telah sembuh dari Covid-19 mengaku hampir saja obat oseltamivir membuat nyawanya melayang.

"Ini obat waktu aku diisolasi Covid ya. Lolos satu biji yang aku makan hampir merenggut nyawaku. Namanya Oseltamivir," kata suara seorang wanita divideo seperti yang dikutip Indozone, Jumat (23/7/2021).

Belum diketahui suara wanita di dalam video itu, namun dr Eva Sri Diana Chaniago melalui akun Twitternya mengatakan pasien harus dibedakan efek samping obat, alergi obat dan diracun obat.

"Harusnya ini pasien tanya ke dokternya jangan jadi hakim sendiri dan jadi wartawan sendiri menyebarkan sebuah kesalahpahaman. Saran saya, pasien ini dipanggil utk diklarifikasi, shg tidak menyesatkan rakyat,miris," kata dr Eva.

Diketahui dalam lanjutan video itu, wanita yang mengaku telah menjalani isolasi telah menelan obat itu satu biji saat berada di rumah sakit. Saat menelan obat oseltamivir itu, dia mengaku pusing hingga muntah-muntah.

"Dalam waktu gak sampai satu menit, aku minum ini langsung muter-muter. Muntah-muntah. Alhamudillah Allah masih panjangkan umurku," katanya.

Wanita itu menyatakan kalau Oseltamivir merupakan obat khusus flu babi dan flu burung.

Entah dari mana dasar wanita itu menyebutkan hal itu, namun dia mengatakan tidak berani mengkonsumsi obat itu untuk seterusnya karena disembunyikan walau beberapa kali ditanyakan oleh perawat.

"Ini aku bawa pulang untuk kenang-kenangan. Ini adalah obat setan. Ini berbahaya. Hati-hati kalau ada yang memberikan obat ini sangat berbahaya banget," sebutnya.

Sebelumnya Jokowi tengah mencari-cari obat ini di Kota Bogor.

Presiden Jokowi diketahui menanyakan ketersedian obat Covid-19 dan vitamin. Jokowi tiba di lokasi, pukul 14.22 WIB, menggunakan Toyota Alpard. 

Presiden Jokowi diketahui menanyakan ketersedian obat Covid-19 dan vitamin. Namun sayangnya obat Oseltamivir yang dicari oleh presiden malah kosong.

Artikel Menarik Lainnya:



TAG
Fahrizal Daulay

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US