Warga Surabaya Resah Minta Ambulans Matikan Sirine, Ini Kata Anggota DPR

- Jumat, 16 Juli 2021 | 15:34 WIB
Ambulans diminta matikan sirine? (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/aww.)
Ambulans diminta matikan sirine? (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/aww.)

Warga desa Keputih, Sukolilo, Surabaya meminta ambulans atau mobil jenazah agar mematikan suara sirene saat melintas di kampung setempat. Hal ini dikarenakan masyarakat merasa resah, stress dan terganggu.

Merespons hal tersebut, Anggota Komisi IX DPR RI Anas Thahir memahami kondisi apa yang dihadapi masyarakat setempat. Pasalnya mereka mengalami tekanan psikis yang luar biasa karena setiap hari disuguhi oleh kabar buruk perihal kematian.

"Mereka stress lalu membutuhkan suasana baru yang lebih nyaman dan teduh. Apalagi wilayah mereka selama ini memang dijadikan tempat lalu lalang mobil jenazah Covid yang tak henti-henti keluar masuk," kata Anas kepada Indozone, Jumat (16/7/2021).

Baca Juga: Ambulans Dirusak, Polres Bantul Bantah Isu Ambulans Kosong Keliling Takuti Warga

Akan tetapi, Legislator Dapil Jawa Timur III ini menekankan agar masyarakat tak perlu melakukan penghadangan kepada mobil ambulans yang melintas, dikarenakan belum tentu mereka membawa jenazah dan diantaranya mengangkut orang sakit parah sehingga membutuhkan penanganan cepat.

"Sebaiknya tidak perlu dilakukan dengan cara menghadang setiap mobil ambulance yang lewat. Sebab tidak semua mobil ambulance itu mengangkut jenazah. Ada juga diantaranya yang mengangkut orang sakit parah sehinggah butuh penanganan cepat. Untuk kasus seperti ini saya kira tidak perlu mematikan siririne," tegasnya.

Terpenting yang harus dilakukan menurut Anas adalah langkah dari aparat penegak hukum. Menurut Politikus PPP ini aparat penegak hukum harus melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait apa yang bisa dilakukan dan apa yang dilarang.

"Dengan demikian bisa terjadi  kesepahamam yang baik dan  saling memperkuat antara warga, aparat dan tenaga lesehatan, tandas Anas.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X