Italia Ingin Selenggarakan KTT Luar Biasa G20 Untuk Bahas Afghanistan

- Kamis, 19 Agustus 2021 | 17:27 WIB
 Perdana Menteri (PM) Italia Mario Draghi. (photo/Presidential Palace/Handout via REUTERS)
Perdana Menteri (PM) Italia Mario Draghi. (photo/Presidential Palace/Handout via REUTERS)

Perdana Menteri (PM) Italia Mario Draghi saat ini sedang berupaya untuk menyelenggarakan konferensi tingkat tinggi (KTT) luar biasa Kelompok 20 negara ekonomi utama (G20) pada akhir pekan untuk membahas situasi di Afghanistan.

Menurut berita surat kabar La Repubblica dan Il Messaggero pada Kamis (19/8), KTT luar biasa itu akan membahas kondisi Afghanistan setelah pengambilalihan kekuasaan oleh kelompok Taliban.

Italia memegang kepemimpinan bergilir G20 untuk tahun 2021 dan kemungkinan akan mengadakan pertemuan luar biasa yang diharapkan dilaksanakan sebelum pertemuan tingkat tinggi yang dijadwalkan pada Oktober di Roma, kata surat kabar La Repubblica.

Draghi diperkirakan akan membahas masalah penyelenggaraan KTT itu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin pada Kamis, menurut kedua surat kabar Italia itu.

Baca juga: Ridwan Kamil Berharap Tes PCR Bisa Gratis: Jangan Membebani Rakyat

Juru bicara kantor perdana menteri Italia belum dapat dihubungi untuk dimintai komentar.

Pertemuan daring para pemimpin kelompok negara G7 telah dijadwalkan minggu depan untuk membahas strategi dan pendekatan bersama mengenai situasi di Afghanistan.

Sebelumnya dikabarkan, sedikitnya tiga orang tewas dalam aksi protes anti Taliban di Kota Jalalabad, Afghanistan pada Rabu (18/8).

Dua saksi dan seorang mantan polisi mengatakan para anggota Taliban mengeluarkan tembakan ketika warga berusaha memasang bendera Afghanistan di sebuah lapangan.

Akibatnya, tiga orang tewas dan belasan orang terluka.

Peristiwa itu terjadi setelah Taliban mengambil alih kekuasaan dan negara-negara Barat bergegas mengevakuasi warga mereka dari bandara Kabul yang kacau.

Ribuan orang berusaha meninggalkan Afghanistan karena takut dengan kembalinya hukum dan aturan keras seperti yang pernah diberlakukan Taliban saat kelompok itu dulu berkuasa.

Pemerintah baru yang akan menggantikan pemerintahan Presiden Ashraf Ghani, yang mengasingkan diri ke Uni Emirat Arab, kemungkinan akan berbentuk dewan penguasa yang diketuai pemimpin tertinggi Taliban Haibatullah Akhundzada, kata anggota senior kelompok itu.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X