Kembalikan Kerugian Negara, Ketua KPK Bakal Sita Semua Aset Milik Koruptor

- Jumat, 11 Juni 2021 | 11:21 WIB
Ketua KPK, Firli Bahuri. (photo/ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)
Ketua KPK, Firli Bahuri. (photo/ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri berjanji pihaknya akan menyita semua harta milik koruptor. Hal itu dilakukan untuk mengembalikan kerugian negara dan membuat orang takut melakukan korupsi.

"KPK melaksanakan komitmen untuk mengembalikan kerugian negara dengan cara menyita seluruh harta milik para koruptor," kata Firli dalam keterangannya, Jumat (11/6/2021).

Firli mengatakan, tujuan penegakan hukum tak hanya menghukum koruptor dengan pemidanaan badan, tapi pengembalian aset (asset recovery) sebanyak-banyaknya.

"Sebagaimana strategi pemberantasan korupsi yang digunakan KPK saat ini meliputi pendidikan dan peningkatan peran masyarakat supaya orang tidak mau melakukan korupsi (budaya antikorupsi), strategi pencegahan dengan perbaikan sistem sehingga tidak ada peluang dan kesempatan untuk melakukan korupsi (sistem baik tidak bisa korupsi), dan strategi penegakan hukum untuk pemidanaan badan dan pengembalian kerugian negara supaya orang takut melakukan korupsi," ujar Ketua KPK Firli.

 

Artikel Menarik Lainnya:

 

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X