Wow! Revitalisasi Situ Ciburuy Telan Dana Rp32 Miliar, Apa Saja Perubahannya?

- Kamis, 18 Agustus 2022 | 17:09 WIB
Ridwan Kamil dan Hengky Kurniawan meresmikan Situ Ciburuy (Martin/Z Creators)
Ridwan Kamil dan Hengky Kurniawan meresmikan Situ Ciburuy (Martin/Z Creators)

Kawasan wisata Situ Ciburuy akhirnya resmi beroperasi usai direvitalisasi oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat dengan total anggaran sebesar Rp32 miliar.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengatakan, saat ini kondisi Situ Ciburuy lebih tertata rapi dan nyaman bagi wisatawan yang datang.

"Revitalisasi Ciburuy selesai, yang dulu kurang tertata, warung-warungnya kumuh sekarang sudah bisa dilihat rapi, bersih, warga bisa berinteraksi dengan nyaman, UMKM-nya juga kita fasilitasi," katanya.

-
Ridwan Kamil dan Hengky Kurniawan meresmikan Situ Ciburuy (Martin/Z Creators)

Ia menambahkan, situ, danau, maupun sungai yang keberadaannya berada atau melintasi permukiman, maka harus ada fungsi sosial dan pariwisata.

"Seperti Situ Ciburuy ini selain fungsi irigasi dan penyediaan air baku juga ada fungsi rekreasi. Terlihat dari antusiasme warga yang luar biasa," katanya.

-
Situ Ciburuy semakin bersih dan tertata rapi (Martin/Z Creators)

Ia pun berpesan, agar para warga yang melintas baik dari arah Bandung menuju Cianjur dan sekitarnya maupun arah sebaliknya dan berhenti dulu sejenak di Situ Ciburuy.

“Berhentilah dulu karena di sini ada kegiatan jual beli barang dari produk UMKM kebanggan KBB, juga kulinernya yang khas sambil melihat situ yang kini sudah representatif," katanya.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan mengatakan, dengan tampilan baru Situ Ciburuy bisa berdampak positif bagi masyarakat.

"Mudah-mudahan masyarakat senang dengan kondisi Situ Ciburuy saat ini yang lebih bagus dan cantik," katanya.

-
Kawasan danau yang akan diisi oleh UMKM unggulan (Martin/Z Creators)

Ia menambahkan, pandemi Covid-19 selama ini berdampak pada kegiatan ekonomi masyarakat. Dengan tampilan baru Situ Ciburuy saat ini bisa menjadi daya tarik bagi wisatawan.

"Alhamdulillah ini adalah bentuk janji dari Pak Gubernur Jabar (Ridwan Kamil) untuk senantiasa memberikan yang terbaik bagi masyarakat," katanya.

Lebih lanjut ia mengatakan, pihaknya bakal masif menggelar event untuk mendongkrak ekonomi masyarakat terutama pelaku UMKM di wilayahnya.

"Kita akan rutin bikin event karena kegiatan tersebut sangat membantu omset. Bisa saja nanti kita gelar di sini (Situ Ciburuy)," pungkas Hengky Kurniawan.

Artikel menarik lainnya:

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X