Polri Amankan 1 KKB Yahukimo, Perannya Pernah Tembak Brimob

- Rabu, 31 Mei 2023 | 13:20 WIB
Polri tangkap 1 anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Yahukimo, Papua. (Dokumentasi Polda Papua).
Polri tangkap 1 anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Yahukimo, Papua. (Dokumentasi Polda Papua).

Polres Yahukimo bersama Operasi Damai Cartenz 2023 berhasil menciduk satu Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Yahukimo, Papua. Salah satu teror yang dilakukan tersangka yakni pernah melakukan penembakam terhadap anggota Brimob.

Anggota KKB yang ditangkap tersebut diketahui berinisial KB. Dia ditangkap di salah satu rumah yang beralamat di Perumahan Eselon 4, Distrik Dekai, Kabupaten Yahukimo pada hari ini.

Baca Juga: Pilot Susi Air Masih Disandera KKB, Kapolda Papua Kirim Tim Khusus

"KB diamankan setelah aparat kepolisian melakukan penggerebekan di salah satu rumah yang diduga merupakan tempat persembunyian KKB di Yahukimo," kata Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Ignatius Benny Ady Prabowo dalam keterangan tertulisnya kepada wartawan, Rabu (31/5/2023).

-
Polri tangkap 1 anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Yahukimo, Papua. (Dokumentasi Polda Papua).

KB sendiri diketahui memiliki peran cukup sering dalam hal menebar aksi teror bersama kelompoknya. Kombes Benny menyebut pelaku pernah turut serta melakulan penembakan terhadap anggota polisi dari kesatuan Brimob.

"KB juga diketahui banyak terlibat dalam aksi-aksi Kelompok Kriminal Bersenjata di Papua, salah yakni salah satunya penembakan anggota Brimob di Km 7 pada November 2022 lalu," beber Benny.

Baca Juga: Sandera Pekerja Proyek BTS Telkomsel, KKB Minta Tebusan Rp500 Juta

Dalam kesempatan yang sama, Kapolres Yahukimo AKBP Arief Kristanto menyebut penggerebakan lokasi persembunyian KKB dilakukan merupakan pengembangan dari pemeriksaan pentolan KKB yakni Kopi Tua Heluka (KTH).

"KTH dan KB akan menjalani pengembangan penyidikan lebih lanjut guna keterkaitan para pelaku lainnya atas beberapa kasus tindak pidana yang terjadi di wilayah hukum Polres Yahukimo," pungkas AKBP Arief.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X