Ridwan Kamil: BPBD Data Korban Gempa Garut, Polanya Sama Kayak Cianjur

- Jumat, 3 Februari 2023 | 13:17 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. (Dok Humas Pemprov Jabar)
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. (Dok Humas Pemprov Jabar)

Gempa Garut terjadi terjadi pada Rabu (1/2/2023) malam sekitar pukul 22.57 WIB. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bersama dinas setempat turun tangan dalam bencana ini. 


Ridwan Kamil menyebut Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut masih mendata korban gempa bumi di wilayah setempat.

Baca Juga: Bupati Garut Akui Khawatir Terjadi Gempa Susulan seperti di Cianjur

"Ya, baru berita gempanya. Sekarang sedang assessment (dinilai) dulu," terang Ridwan dilansir ANTARA. 

Ridwan mengatakan, pola penanganan Gempa Garut, baik korban maupun infrastruktur mengalami kerusakan sama seperti di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, tempo hari.

Hasil analisa BMKG menunjukkan gempa ini berkekuatan magnitudo 4,3 dengan episenter pada koordinat 7.27 LS dan 107.73 BT berlokasi di darat dengan jarak 19 kilometer barat daya Kabupaten Garut, Jawa Barat, kedalaman tiga kilometer.

"Nanti polanya seperti Cianjur. Jadi artinya, dilihat kerusakan level-nya," tegas Ridwan yang akrab disapa Kang Emil ini.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Garut, Satria Budi memastikan gempa bumi tektonik ini akibat aktivitas Sesar Garsela menyebabkan kerusakan puluhan rumah, sedangkan korban jiwa tidak ada.

Baca Juga: Gempa M 6,4 Guncang Garut, Ini Imbauan BMKG untuk Warga

"Dari 42 kecamatan melaporkan sampai pukul 03.00 dini hari tadi tidak ada hal lain (kerusakan, red) kecuali dua kecamatan terdampak, yakni Samarang dan Pasirwangi," katanya.

Laporan sementara ada kerusakan 20 rumah warga yang tersebar di Desa Cisarua, dan Desa Samarang, Kecamatan Samarang, lalu dua rumah warga di Desa Padaawas, Kecamatan Pasirwangi.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X