2 Penerbangan Terganggu Akibat Kebakaran Rumput di Bandara Kupang, Muncul Asap Tebal

- Selasa, 13 Juni 2023 | 17:00 WIB
Kebakaran rumput di area Bandara El Tari Kupang (Instagram/kupang.now)
Kebakaran rumput di area Bandara El Tari Kupang (Instagram/kupang.now)

Kebakaran rumput yang terjadi di dekat area landasan pacu Bandara El Tari Kupang, berdampak pada keterlambatan keberangkatan dua pesawat terbang tujuan Surabaya dan Denpasar.

Humas Bandara El Tari Kupang, Devi Budihandayani menjelaskan, kebakaran rumput yang terjadi serta angin yang bertiup ke arah utara menimbulkan asap tebal mengarah ke runway.

"Kebakaran rumput terjadi sekitar pukul 12.30 WITA tadi di bagian selatan runway Bandara El Tari, namun angin bertiup ke arah utara sehingga asap mengarah ke runway," kata Devi.

Baca juga: Pesawat Trigana Air Ditembaki KKB Sebanyak 4 Kali saat Landing di Bandara Nop Goliat

Devi menjelaskan, adapun dua pesawat yang mengalami keterlambatan keberangkatan ialah maskapai Garuda Indonesia tujuan Surabaya, serta Lion Air dengan tujuan Bandara I Gusti Ngurah Ray Denpasar.

-
Kebakaran rumput di area Bandara El Tari Kupang (Instagram/kupang.now)

Keterlambatan keberangkatan penerbangan terjadi sekitar 45 menit, lantaran menunggu pemadaman yang dilakukan oleh petugas pemadam kebakaran Bandara El Tari.

Maskapai Garuda Indonesia kata Devi, seharusnya berangkat pukul 13.45 WITA, namun karena kendala asap teba,l pesawat kemudian baru bisa berangkat pada pukul 14.40 WITA.

Sementara itu, Lion Air yang seharusnya berangkat pukul 13.30 WITA, baru bisa diberangkatkan pada pukul 14.46 WITA.

Baca juga: Dilarang Mudik, Sejumlah Maskapai Bandara El Tari Kupang Hentikan Penerbangan

Lebih lanjut Devi menjelaskan, kebakaran di area bandara sering terjadi pada musim kemarau dengan cuaca panas yang cukup tinggi. Dia pun mengakui, potensi kebakaran cukup tinggi di bahu landasan pacu.

"Sehingga kami sebagai pengelola bandara telah melakukan mitigasi secara rutin melakukan pemotongan rumput di semua sisi runway dan meningkatkan kesiagaan petugas pemadam kebakaran," ujarnya.

Dia pun menceritakan, kebakaran yang sama juga pernah terjadi pada 2022 di bulan Juni, sehingga pihaknya selalu mengantisipasi hal tersebut.

Terkait kebakaran rumput di kawasan bandara internasional tersebut, Devi mengatakan saat ini api sudah padam dan asap juga sudah tidak ada lagi.

"Operasional Bandara El Tari Kupang juga sudah berjalan normal kembali dan aman," terangnya.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X