Muhammadiyah Bersyukur Pemda Pekalongan dan Sukabumi Izinkan Salat Id di Lapangan

- Selasa, 18 April 2023 | 08:49 WIB
Ilustrasi salat (ANTARA FOTO/Bagus Ahmad Rizaldi)
Ilustrasi salat (ANTARA FOTO/Bagus Ahmad Rizaldi)

Wali Kota Pekalongan, Afzan Arslan Djunaid, dan Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi, akhirnya mengizinkan penggunaan Lapangan Mataram dan Lapangan Merdeka untuk tempat Salat Idul Fitri berjamaah bagi warga Muhammadiyah, pada Jumat 21 April 2023.

Sebelumnya, Afzan Arslan Djunaid dan Achmad Fahmi sempat tidak mengeluarkan izin penggunaan kedua lapangan di daerahnya masing-masing.

"Alhamdulillah, terima kasih kepada Bapak Wali Kota Pekalongan dan Wali Kota Sukabumi yang mengizinkan lapangan Mataram dan Merdeka sebagai tempat pelaksanaan Salat Idul Fitri bagi umat Islam pada 1 Syawal 1444 H bertepatan 21 April 2023," kata Sekretaris Umum (Sekum) PP Muhammadiyah, Abdul Mu'ti, kepada wartawan, dikutip Selasa (18/4/2023).

-
Ilustrasi salat (ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo)

Baca Juga: Bingung Ngapain Pas Perjalanan Mudik? Kamu Bisa Lakukan 5 Hal Ini Lho

Mu'ti mengapresiasi dukungan berbagai pihak, mulai dari pemerintah pusat hingga tokoh masyarakat yang telah menegakan konstitusi, serta menciptakan suasana saling menghormati dan kondusif untuk persatuan umat dan bangsa.

Menurutnya, Salat Idul Fitri di lapangan tidak hanya untuk warga Muhammadiyah, tetapi seluruh umat Islam. Dia pun mengingatkan warga Muhammadiyah, agar dapat melaksanakan Ibadah Idul Fitri dengan khidmat, menjaga kebersihan, dan tenggang rasa.

“Karena masih ada sebagian umat Islam yang kemungkinan masih menjalankan ibadah puasa Ramadan,” ujar Mu'ti.

Selain itu, Mu'ti juga mengimbau warga Muhammadiyah, untuk tidak melakukan open house pada Jumat 21 April. Hal itu demi menghormati umat Islam yang masih berpuasa dan menjaga persatuan.

Open House dan silaturrahim, lanjut Mu'ti, dilaksanakan mulai 22 April setelah umat Islam lainnya melaksanakan Salat Idul Fitri.

Baca Juga: Penumpang Kapal ke Merak Sudah Mulai Alami Peningkatan

“Semoga semua pihak mengambil hikmah dari peristiwa di Kota Pekalongan dan Kota Sukabumi untuk persatuan umat serta kepentingan bangsa dan negara,” pungkasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X