Jelang Libur Natal, Besok Tol Trans Jawa Terapkan Sistem One Way

- Jumat, 20 Desember 2019 | 19:41 WIB
Tol Trans Jawa. (Antara/Oky Lukmansyah)
Tol Trans Jawa. (Antara/Oky Lukmansyah)

Libur Natal dan Tahun baru sudah di depan mata nih guys. Bagi sahabat Indozone yang sudah mau liburan akhir tahun mulai besok, Sabtu (21/12) ada info penting nih. Mulai besok, Korlantas Polri bakal memberlakukan sistem satu arah (one way) di Tol Trans Jawa dari arah Jakarta menuju Jawa Tengah. 

"Skema satu arah ini akan diberlakukan selama pukul 06.00 WIB sampai 18.00 WIB. Mulai dari KM 70 Cikarang Utama (Cikatama) hingga KM 242 gerbang tol Kalikangkung, Semarang, Jawa Tengah," ujar Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi di Jakarta, Jumat (20/12). 

Kebijakan yang dikeluarkan oleh Korlantas Polri ini berdasarkan pertimbangan, yakni pada tanggal 21 Desember merupakan puncak arus mudik. 

“Dari Kakorlantas disampaikan, prediksi peningkatan pemudik atau pengguna jalan sebesar 6 persen jika dibandingkan dengan periode libur Natal tahun lalu, atau meningkat 49 persen bila dibandingkan dengan hari biasa,” jelas Budi. 

“Selain itu, karena kami telah memberlakukan pembatasan operasional mobil barang pada 20 dan 21 Desember, salah satunya di sepanjang jalan Tol Cipali, sehingga diharapkan akan memudahkan pengendalian dari petugas di jalan tol dan pengalihan kendaraan yang akan menuju ke Jakarta melalui jalur Pantura,” imbuhnya. 

Sementara itu, menurut Kakorlantas Brigjen Pol Istiono yang disampaikan oleh Budi Setuyadi, daya tampung Tol Cipali (2 lajur) tidak berimbang saat menerima arus dari tol Cikampek (5 lajur). Sehingga kemungkinan akan terjadi kemacetan, terutama pada wilayah rest area sepanjang tol Cipali.

“Saya juga setuju dengan Kakorlantas, bahwa melalui penerapan skema satu arah akan menarik minat masyarakat untuk melakukan perjalanan pada tanggal 21 Desember, sehingga mengurangi arus dari arah Jakarta dan mengurangi kepadatan pada tanggal 22 Desember dan selanjutnya,” tandas Budi.

Budi berpesan, masyarakat yang ingin melakukan perjalanan mudik liburan, agar melakukan perjalanan lebih awal dan santai sehingga tidak terburu-buru untuk tiba di tujuan. Ia juga mengimbau agar masyarakat selalu memperhatikan kondisi kendaraan serta cuaca di lokasi yang dituju.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X