Dukung PSBB DKI, Warga Miskin di Jabodetabek Bakal Dapat Bantuan Pangan dari Pemerintah

- Rabu, 8 April 2020 | 13:49 WIB
Dirjen Anggaran Kementerian Keuangan, Askolani (INDOZONE/Sigit Nugroho)
Dirjen Anggaran Kementerian Keuangan, Askolani (INDOZONE/Sigit Nugroho)

Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di DKI Jakarta akan dimulai, pada Jumat 10 Maret 2020. Sejalan dengan kebijakan itu, Kemenkeu menyebut tengah berkoordinasi dengan Kementerian Sosial untuk mendukung kebijakan PSBB DKI melalui paket bantuan pangan berbentuk komoditi, yang akan diberikan kepada warga miskin di Jakarta-Bogor-Depok-Tangerang dan Bekasi (Jebodetabek). 

Hal itu disampaikan oleh Dirjen Anggaran Kementerian Keuangan, Askolani, dalam acara Dialog Kita yang bertajuk 'Bantuan Sosial di Tengah Pandemi Covid-19' yang diselenggarakan Biro KLI Kemenkeu melalui video conference pada Rabu (8/4/2020).

Menurut Askolani, data penerima manfaat paket pangan berbentuk komoditi tersebut saat ini tengah dimatangkan oleh Kemensos dan Pemprov DKI Jakarta. Paket bantuan itu juga nantinya akan didukung oleh Presiden RI Joko Widodo. 

"Bentuk paket pangan komiditi ini KPN nya akan menggunakan basis data di Pemda DKI dan Jabodetabek," ujar Askolani. 

Terkait penyerahan bantuan, lanjut Askolani, pihaknya akan menunjuk konsorsium untuk mendistribusikan bantuan tersebut. 

-
Menteri BUMN Erick Thohir memastikan stok beras untuk seluruh Indonesia dalam kondisi aman sampai lebaran di tengah maraknya tentang Penyebaran Covid-19. (ANTARA/Reno Esnir)

"Jadi komoditi ini akan disiapkan melalui kerja sama konsersium yang dikoordinasikan dengan Kemensos juga ada PD Pasar Jaya dan lainnya yang akan menyalurkan komoditi pangan yang mungkin paket beras, minyak, serta kebutuhan paket lainnya yang diberikan kepada Rumah Tangga yang nanti frekuensinya bisa dua minggu sekali atau sebulan sekali untuk kebutuhan dia," jelasnya.

Menurut Askolani, bantuan pangan tersebut sifatnya tambahan dari bantuan Paket Keluarga Harapan (PKH) maupun stimulus lainnya seperti program kartu prakerja. 

"Ini sifatnya tanbahan kepada masyarakat yang juga dinilai terdampak pada COVID-19. Paket ini sedang difinalisasi oleh kemensos bersama konsorsium. Kemudian juga menyiapkan teknik distribusinya kepada masyarakat," jelasnya. 

Terakhir, Askolani memastikan bahwa bantuan pangan tersebut akan dilaunching dalam waktu dekat, atau sebelum kebijakan PSBB dilaksanakan. 

"Kebijakan ini akan dilaunching oleh Kemensos dan Pemda, tentunya dalam waktu dekat sehingga mendukung program PSBB yang sudah ditetapkan," pungkasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X