Kota di India Pasang Kaca untuk Cegah Orang Kencing Sembarangan

- Kamis, 16 Januari 2020 | 22:47 WIB
Pemasangan cermin untuk mencegah warga kencing sembarangan. (photo/Twitter/@tv9gujarati)
Pemasangan cermin untuk mencegah warga kencing sembarangan. (photo/Twitter/@tv9gujarati)

Untuk mencegah orang yang kencing sembarangan di tempat umum, sebuah kota di India dilaporkan memasang cermin. Pemerintah kota Bangalore memutuskan menggelar kampanye guna mempermalukan pelaku kencing sembarangan, dan meminta mereka menggunakan toilet.

Dilansir melalui Russian Today, Pemerintah kota di selatan India itu memutuskan memasang cermin di lima titik pada Rabu (15/1).

"Kami melihat meski berulang kali kami membersihkan tempat itu, pelaku bakal menggunakannya untuk buang air," keluh komisioner kota, Anil Kumar.

Langkah itu diambil setelah denda maupun hukuman lain yang diberikan penegak hukum gagal membendung perilaku kencing sembarangan.

"Karena itu, kami mempunyai ide untuk memasang cermin guna mencegah mereka menjadikannya tempat kencing," jelasnya kepada ANI.

Kumar menjelaskan, pemerintah Bangalore juga menyarankan mereka menggunakan toilet umum. Cermin itu dilaporkan mempunyai tinggi empat kaki, dan setiap unitnya berharga 30.000 rupee, atau sekitar Rp 5,7 juta.

Kaca portabel itu dipindahkan ke berbagai lokasi di kota yang mempunyai 500 toilet umum itu. Sejumlah kota di India bahkan menggunakan taktik yang lebih kasar.

Seperti menempelkan gambar dewa-dewi Hindu di lokasi orang kencing sembarangan. Ada juga yang sampai melecehkan para pelaku. Namun, semua cara tersebut tidak mampu mengurangi perilaku kencing di tempat umum.

Kumar melanjutkan, mereka berencana untuk membangun kembali toilet umum mengingat jumlah yang ada tidak mampu menampung jumlah populasi penduduk Bangalore. Dia pun mengingatkan kepada publik atau perusahaan swasta untuk berinisiatif membangun fasilitas umum.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X