7 Orang Jadi Pembantu Jokowi Susun Kabinet

- Selasa, 22 Oktober 2019 | 15:02 WIB
Menteri Sekretaris Negara Kabinet Kerja 2014-2019 Pratikno (tengah) bersama Komisaris Utama Adhi Karya Fadjroel Rachman (kanan) dan mantan Staf Khusus Presiden Nico Harjanto. (Antara/Wahyu Putro)
Menteri Sekretaris Negara Kabinet Kerja 2014-2019 Pratikno (tengah) bersama Komisaris Utama Adhi Karya Fadjroel Rachman (kanan) dan mantan Staf Khusus Presiden Nico Harjanto. (Antara/Wahyu Putro)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memanggil para calon menteri Kabinet Jokowi - Ma'ruf Amin, periode  2019 - 2024 di Istana Negara, Selasa (22/10).

Para calon menteri, datang secara bergelombang mulai dari Senin (21/10) hingga Selasa (22/10) sore. Dengan komposisi dari Partai Politik dan Profesional.

Paling tidak ada tujuh orang yang membantu Jokowi dalam pemanggilan dan pengenalan calon menteri, diantaranya Retno L.P Marsudi, Pramono Anung, Moeldoko, Sukardi Rinakit, Ari Dwipayana, Alexander Lay dan Fadjroel Rachman.

Fadjroel Rachman sendiri mulai Senin (21/10), secara resmi telah ditunjuk menjadi staf khusus presiden bidang komunikasi.

"Mereka diberi tugas khusus oleh presiden, untuk membantu presiden selama penyusunan kabinet," ujar Deputi Protokol Pers dan Media Sekretariat Presiden Bey Triadi Machmudin.

Paling tidak, bakal ada 34 menteri yang bakal mengisi Kabinet Jokowi-Ma'ruf Amin, muka lama yakni Sri Mulyani akan tetap menjadi Menteri Keuangan, Siti Nurbaya tetap jadi Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan serta Basuki Hadimuljono yang kemungkinan besar tetap komando Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahaan Rakyat. 

Berikut daftar calon menteri yang sudah dipanggil Jokowi, hingga Selasa (22/10) pukul 14.00 WIB.

  1. Mahfud MD
  2. Nadiem Makarim 
  3. Wishnutama
  4. Erick Thohir
  5. Pratikno
  6. Nico Harjanto
  7. Airlangga Hartarto 
  8. Tito Karnavian
  9. Prabowo Subianto 
  10. Edhy Prabowo
  11. Sri Mulyani : Menteri Keuangan 
  12. Syahrul Yasin Limpo 
  13. Agus Gumiwang Kartasasmita 
  14. Juliari P. Batubara 
  15. Suharso Manoarfa
  16. Basuki Hadimuljono : Menteri PUPR
  17. Siti Nurbaya : Menteri LHK
  18. Fachrul Razi
  19. Ida Fauziyah : Menteri Tenaga kerja
  20. Bahlil Lahadalia
  21. Zainuddin Amali
  22. Abdul Halim Iskandar

Artikel Menarik Lainnya:

5 Jalanan Indah di Indonesia, Nomor 4 Paling Beda!

Datangi Istana,  Ketum PPP Buat Strategi Naikkan Pendapatan Rakyat 

BMKG Ungkap Penyebab Suhu Panas yang Melanda Indonesia

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X