Begini Cara Polda Metro Antisipasi Kejahatan Sepanjang Ramadan di Jakarta

- Jumat, 24 April 2020 | 09:53 WIB
Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus. (INDOZONE/Samsudhuha Wildansyah)
Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus. (INDOZONE/Samsudhuha Wildansyah)

Polda Metro Jaya sudah memiliki satuan tugas (satgas) khusus yang dibentuk untuk mengantisipasi kejahatan khususnya di bulan Ramadan. Satgas itu akan ditingkatkan lagi kinerjanya agar menciptakan rasa aman untuk masyarakat selama bulan Ramadan.

"Polda Metro sudah bentuk tim satgas. Tim satgas ini setiap malam beroperasi berpatroli di daerah-daerah rawan," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus kepada Indozone, Jumat (24/4/2020).

Yusri mengatakan satgas itu sebetulnya sudah dimiliki Polda Metro sejak lama. Namun khusus saat ini satgas tersebut lebih ditingkatkan lagi pekerjaanya.

"Khusus untuk ramadan itu yang kita tingkatkan," ungkap Yusri.

Dia menyebut Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Nana Sudjana sudah mengintruksikan jajaranya ditingkat Polres hingga Polsek untuk melakukan monitoring terhadap daerah-daerah yang rawan akan tindakan kejahatan. Nantinya, wilayah yang sudah di mapping itu akan dilakukan patroli dengan gencar.

"Kapolda memerintahkan masing-masing wilayah untuk memetakan wilayah rawan. Misalnya Jakarta Timur mana daerah yang rawan, oh di Cakung misalnya," kata Yusri.

"Kriterianya apa? tempat-tempat minimarket terus daerah rawan begal itu dipetakan. Dari situlah tim melakukan pengawasan di tempat-tempat itu," sambung Yusri.

-
Ilustrasi Razia Polisi. (Foto: ANTARA/Rahmad)

Lebih jauh Yusri mengakui jika tingkat kejahatan meningkat menjelang bulan Ramadan. Meski begitu dia menyebut pihaknya juga banyak mengungkap kasus kejahatan selama jelang bulan puasa.

"Kita tahu jelang puasa tingkat kriminal meningkat, tetapi hampir semua kita ungkap. Seperti kemarin Jakarta Barat perampokan emas kita tangkap semua," pungkas Yusri.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X