Cegah Corona, Salat Jumat di Masjid Istiqlal Ditiadakan

- Jumat, 20 Maret 2020 | 09:34 WIB
Potret Masjid Istiqlal. (ANTARA/Muhammad Zulfikar)
Potret Masjid Istiqlal. (ANTARA/Muhammad Zulfikar)

Imam Besar Masjid Istiqlal Jakarta Prof KH Nasaruddin Umar mengungkapkan, pelaksanaan salat Jumat mulai Jumat ini (20/3/2020) hingga 2 Jumat yang akan datang akan ditiadakan.

Langkah ini diambil berdasarkan pertimbangan dari Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Nomor 14 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Ibadah karena pandemi corona.

Keputusan ini juga diambil berdasarkan himbauan dari Presiden Joko Widodo serta diperkuat dengan keputusan Gubernur DKI Jakarta.

"Saya kira fatwa MUI sudah sangat jelas, oleh karena itu, bagi kita umat beragama tidak ada cara lain kecuali mengikuti ulama dan umara [pemimpin] kita. Tidak mungkin ada fatwa yang tidak sejalan dengan kenyataan," tegas Nasaruddin Umar, dalam konferensi pers yang disiarkan secara langsung di kanal Youtube pada Jumat (20/3/2020).

"Karena itu pada hari ini terutama karena ada himbauan Presiden, diperkuat kemarin sore, dari Gubernur DKI, ditambah lagi, setelah kami konsultasi imam besar di sejumlah negara Islam, maka kami tetapkan hari ini, dan 2 Jumat yang akan datang, Masjid Istiqlal untuk salat Jumat ditiadakan," sambungnya.

-
Potret orang salat berjamaah di Masjid Istiqlal. (instagram/@masjidistiqlal.official)

Ia juga mengimbau pada seluruh umat Islam yang berada di wilayah dengan tingkat penyebaran corona tinggi, untuk tidak melakukan salat berjamaah.

"Kalau pun misal mau salat Jamaah karena mungkin daerahnya masih aman, maka kita perlu perhatikan himbauan internasional jarak satu orang 2 meter, kami lakukan itu di Masjid Istiqlal," lanjutnyanya.

"Tidak ada lain kecuali menghindari virus itu, karena jika membaca dari kedokteran, satu kali bersin dalam tempo 2 detik itu radius cukup luas, sehingga sangat dianjurkan kita mencegah segala mudarat. Maka berlaku kaidah, mencegah kemudaratan itu lebih penting dari mengejar manfaat," tambahnya lagi.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Rekomendasi

Terkini

X