Undang Perkumpulan Massa, Aksi Bagi Masker Gratis Polisi Jadi Sorotan

- Senin, 23 Maret 2020 | 09:37 WIB
Jajaran Polda Metro Jaya dan artis bagikan masker dan hand sanitizer gratis di Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, Kamis (19/3/2020) (INDOZONE/Samsudhuha Wildansyah)
Jajaran Polda Metro Jaya dan artis bagikan masker dan hand sanitizer gratis di Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, Kamis (19/3/2020) (INDOZONE/Samsudhuha Wildansyah)

Indonesian Police Watch (IPW) menyoroti aksi pengumpulan massa yang dilakukan oleh jajaran Polda Metro Jaya, di tengah merebaknya wabah virus corona atau Covid-19. Aksi pengumpulan massa yang dimaksud ialah saat polisi membagikan masker dan hand sanitizer di Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat.

"Sikap pemerintah dalam mengantisipasi dan mencegah penyebaran virus corona terkesan tidak jelas dan dualisme. Di sisi lain, tindakan yang dilakukan jajaran kepolisian terkesan bertolak belakangan dengan perintah Presiden Jokowi," kata Ketua IPW, Neta S Pane dalam keterangannya yang diterima Indozone, Senin (23/3/2020).

Neta menyebut, IPW menyayangkan aksi kumpul-kumpul massa dengan modus pembagian masker dan hand sanitizer gratis. Padahal, saat ini Presiden Joko Widodo sudah mengintruksikan agar seluruh masyarakat di Indonesia menghindari tempat-tempat yang ramai.

"Anehnya jajaran Ditreskrimum Polda Metro Jaya malah melakukan aksi pengumpulan massa. Aksi ini jelas bertentangan dengan perintah Presiden Jokowi yang meminta agar masyarakat tidak melakukan aksi pengumpulan massa," ungkap Neta.

Untuk itu, Neta meminta Mabes Polri, khususnya Kapolri Jenderal Idham Azis, menegur Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana, karena sudah melakukan hal tersebut. Dia menyebut Polri tidak boleh melakukan aksi pencitraan, namun malah membahayakan nasib masyarakat.

"Untuk itu Kapolri perlu menegur Kapolda Metro Jaya dan Ditreskrimumnya, kenapa membiarkan aksi tersebut? Jangan sampai Polri sibuk membuat pencitraan, tapi justru membahayakan kesehatan masyarakat," kata Neta.

Seperti diketahui, jajaran Polda Metro Jaya bersama rombongan artis Indonesia sempat membagikan masker dan hand sanitizer secara cuma-cuma di Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat pada 18 Maret 2020 lalu. Masker dan hand sanitizer itu dibeli oleh Polda Metro Jaya khusus untuk dibagi-bagikan.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X